Event / The List

Dikemas Layaknya Event Pop Culture Berskala Internasional

Posted on February 19, 2018

Event tahunan Jakarta Toys & Comics Fair akan kembali diselenggaran di tahun 2018 ini. Event ini sudah seperti ritual wajib untuk dihadiri dan nggak boleh dilewatkan tiap tahunnya bagi para pecinta mainan dan komik. Penyelenggarannya yang ke-14 di tahun ini, Jakarta Toys & Comics Fair dikemas layaknya event pop culture berskala internasional. Diselenggarakan oleh Sacca Production, “The Jakarta 14th Toys & Comics Fair 2018” akan berlangsung pada tanggal 24 – 25 Februari 2018 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta.

Kesuksesan pameran terbesar komunitas kolektor, mainan, komik, dan cosplay di Indonesia ini nggak lepas dari tangan dingin sang inisiator, Riza Satyagraha yang merupakan Head of Sacca Production. Ia juga sudah dikenal luas dikalangan para peserta pameran, kolektor, distributor game, maupun komunitas hobi terkait. Riza sendiri memang memiliki impian besar untuk bisa menyelenggarakan event “Pop Culture” di Indonesia yang mengumpulkan dan melibatkan para komunitas pecinta mainan dan komik. Nggak hanya sekadar menjalin silahturami, tapi juga membuka peluang bisnis di antara sesama mereka. Di sisi lain, para pengunjung yang hadir nanti juga bisa tersalurkan kepuasan mereka untuk membeli koleksi yang mereka inginkan selama ini.

“Ibaratnya hajatan ini seperti “lebarannya” para pecinta komunitas mainan dan komik. Ide ini tercetus semasa saya melanjutkan kuliah S2 Business Law di Monash University, Melbourne, Australia tahun 2000. Saat itu saya mengoleksi beberapa mainan Star Wars dan setiap tahun di sana selalu ada pameran Pop Culture yang sangat besar. Setelah saya pelajari, saya punya keinginan kelak akan menggelar pameran serupa tapi segmennya mainan dan komik. Akhirnya setelah saya merampungkan kuliah, saya kembali ke Indonesia dan mulai mencoba membuat bazar pecinta mainan dan komik dengan skala yang kecil di tahun 2005 (di GOR Bulungan Blok M) dan pesertanya waktu hanya sekitar 50 booth dan dihadiri 1.550 pengunjung, hingga kini semakin berkembang,” tutur Riza, yang juga menjabat sebagai Chief of ORDER 66 Starwars Indonesia.

Akan ada 300 booth yang berpartisipasi dalam event The Jakarta 14th Toys & Comics Fair 2018. Di event ini juga akan ada pameran mainan langka, action figure, aksi cosplay, serta meet and greet promo film PARTIKELIR karya Pandji Pragiwaksono. Selain itu, juga akan hadir salah satu icon cosplay dunia, Miss NADIASK yang berasal dari Milan, Italia.

Riza juga berharap event tahun ini bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, dan bisa saling menguntungkan khususnya untuk para pedagan mainan baik yang kecil maupun besar.

“Harapan saya event tahun ini semoga lebih baik dari tahun sebelumnya. Kegiatan ini tentunya membantu pemerintah dalam upaya menggalang terus terbukanya industri kreatif dan juga terjadi transaksi ekonomi yang saling menguntungkan khususnya para pedagang mainan baik yang kecil maupun yang besar,” tambahnya.

Harga tiket masuk “The Jakarta 14th Toys & Comics Fair 2018” sebesar Rp 50 ribu, dapat dipesan melalui Tokopedia dan Indomaret, atau langsung datang ke loket penjualan di Kartika Expo – Balai Kartini saat hari H.



  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles