Event / Recap

Pesta Musisi Lokal Terbesar di Indonesia

Posted on October 10, 2017

Synchronize Festival 2017 kembali mendulang kesuksesan. Festival musik lintas genre dan generasi yang dimotori oleh Demajors dan Dyandra Promosindo ini berhasil mendatangkan puluhan ribu pengunjung yang memadati area JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara selama tiga hari event ini berlangsung dari tanggal 6 – 8 Oktober 2017. Synchronize Festival 2017 menampilkan 102 musisi yang seluruhnya merupakan musisi lokal. Terdapat 5 panggung dalam event ini, diantaranya Dynamic Stage, District Stage, Forest Stage, Lake Stage, dan Gigs Stage.

Pada hari pertama (6/10) festival ini digelar, sudah terlihat banyak pengunjung yang sangat antusias untuk menonton musisi-musisi favorit mereka. Ada 25 musisi yang tampil pada hari itu, semuanya menampilkan performa terbaik mereka dan membuat para penonton ikut berjoget dan bernyanyi bersama. Begitu juga di hari kedua (7/10) Synchronize Festival 2017 berlangsung, pengunjung terlihat lebih padat dari hari sebelumnya dan ada 39 musisi yang menampilkan performa terbaik mereka. Di hari kedua ini, Synchronize Festival juga kedatangan tamu spesial, yaitu Bapak Presiden RI Joko Widodo yang disela-sela kesibukannya menyempatkan untuk hadir dan ikut berbaur dengan pengunjung lain menyaksikan penampilan musisi-musisi lokal yang mungkin menjadi favorit beliau. Di puncak event yang berlangsung pada hari Minggu (8/10), area JIExpo Kemayoran terlihat lebih ramai lagi dari sebelum-sebelumnya, bisa dibilang di hari ketiga ini semua stage benar-benar dipadati oleh para pengunjung, ada 38 musisi yang aksi panggungnya nggak kalah keren dari hari-hari sebelumnya.

Mungkin yang membuat cukup menarik di festival ini adalah banyaknya pengunjung anak muda yang nggak hanya antusias dengan penampilan musisi-musisi di eranya mereka. Penampilan musisi era lama seperti Bob Tutupoly dan Ebiet G. Ade ternyata cukup menarik perhatian para generasi muda untuk menonton penampilan mereka, dan nggak sedikit juga yang ikut bernyanyi mendendangkan lagu-lagu lawas dari musisi-musisi tersebut.

Yang berbeda dari tahun sebelumnya, di tahun ini Synchronize Festival benar-benar memanjakan para pengunjungnya dari semua kalangan tanpa terkecuali penyandang disabilitas. Di setiap area stage terdapat kursi-kursi khusus untuk para disabilitas yang ingin menonton pertunjukan musisi favorit mereka. Selain itu, kebersihan juga menjadi fokus dalam festival ini, terbukti dengan semua area yang terlihat selalu bersih, nggak ada sampah-sampah yang berserakan dan fasilitas lain seperti kamar mandi juga selalu terlihat bersih, tentunya hal ini membuat para pengunjung merasa nyaman. Nggak hanya itu, Synchronize Festival juga berlangsung secara on time, waktu musisi-musisi yang tampil memang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Synchronize Festival 2017 menjadi pesta musisi lokal terbesar di Indonesia. Dengan tema “It’s not just a festival, it’s a movement”, Synchronize Festival berhasil membuat para musisi lokal menjadi tuan rumah dan bintang tamu di negara sendiri. Event tahun ini juga mendatangkan pengunjung lebih banyak dari tahun lalu.


Photo by Fariz Eka Kuswanda & Andin Witama


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles