Event / The List

HiVi!, Tipe-X, Kla Project, dan Steven and Coconutreez Masuk dalam Daftar Pengisi Acara Fase Ke-4

Posted on September 08, 2017

‘SynchronizeFest 2017’ yang merupakan project kolaborasi antara Dyandra Promosindo dan Demajors akan kembali diselenggarakan pada tanggal 6, 7, 8 Oktober 2017 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Utara. Festival musik multi-genre yang hanya diisi oleh musisi lokal saja ini memastikan akan ada 95 grup musik yang akan tampil di panggung Synchorinize Festival 2017. Kemarin (7/9), bertempat di kantor Demajors diadakan gathering musisi, pada kesempatan itu juga diumumkan line-up fase ke-4 musisi yang akan berpartisipasi dalam Synchronize Festival tahun ini.

Pengisi acara yang dimumkan dalam fase ke-4 ini diantaranya ada Besok Bubar, Bin Idris, Feast, Fourtwnty, Goodnight Electric, Grimloc, Hellcrust, Hello Dangdut, HiVi!, Iksan Skuter, Indra Lesmana Keytar Trio, Keroncong Tugu Cafrinho, Kla Project, Marjinal, Om Pengantar Minum Racun, Paper Gangster, Pesta Rap Reunion, Piston, Shadow Puppets Meets Bob Tutupoly, Steven and Coconutreez, Tipe-X, dan Voice of Baceprot.

Banyak band-band pendatang baru yang berpartisipasi dalam Synchronize Festival 2017 ini, salah satunya adalah band Piston. Belakangan ini, band indie asal Jakarta ini memang sedang naik namanya. Bisa berpartisipasi dalam festival musik ini juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Piston.

"Kalau gue pribadi sih jujur aja ya seneng banget, karena band gue bisa diundang untuk berpartisipasi di acara kayak SynchronizeFest. Synchronize ini beda dari yang lain ya, pertama pengisi acaranya lokal semua nggak ada band luar, tapi bisa dibilang hampir semua band lokal yang kita cukup tau pasti main di SynchronizeFest tanpa ada batasan aliran atau usia band, kapan lagi kita bisa liat Revenge the Fate satu acara sama Mocca. Onar bisa satu acara sama Slank,  Jeruji dan Indra Lesmana, dan sebagainya. Pergerakan kaya gini yang menurut gue pribadi mungkin mendorong juga band-band muda Indonesia buat lebih getol berkarya lagi. kami akan perform maksimal dengan persiapan yang matang dari segala aspek, karena di acara seperti ini rundown-nya pasti banyak yang bentrok, jadi tentunya kami nggak mau bikin nyesel orang yang udah memilih buat nonton stage kami dibanding stage lain," tutur Oza Rangkuti, drummer band Piston.

Highlight penyelenggaran tahun ini juga diberikan kepada para musisi-musisi lokal yang sudah cukup lama vakum di industri musik musik tanah air, seperti Base Jam Reunion dan Steven and Coconutreez.

“Para musisi terlihat sangat antusias dan supportive terhadap penyelenggaraan Synchronize Fest tahun ini, apalagi mereka yang cukup lama rehat dari industri berharap dapat kembali menghibur penggemar musik bagus Indonesia,” ujar David Karto selaku Festival Director SynchronizeFest 2017.

Nggak hanya itu, tahun ini juga banyak musisi-musisi ternama tanah air yang akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Synchronize Festival yang kedua ini, sebut saja seperti Naif dan Jason Ranti yang diumumkan pada fase pertama, serta Adhitia Sofyan yang dimumkan pada fase ke-2. Ini adalah kali pertama mereka tampil di panggung Synchronize Festival.

“Senang diundang untuk pertama kali di event ini, karena yang perform juga banyak teman-teman band lama dan baru. Gue pengen nontonin semuanya sih sebenarnya, kalau bisa gue menikmati semua band ini dengan asik gitu. Ini banyak band bagus Indonesia,” ujar David Bayu (vokalis band Naif) saat Free! temui di acara gathering musisi SynchronizeFest 2017.

Selain David Bayu, Adhitia Sofyan juga memberikan tanggapannya tentang kali pertama diundang dalam event besar ini.

“Seru banget, kalau dari ceritanya tahun lalu sih macam-macam ya, semua ada. Sayang, dulu kelewatan karena memang ada jadwal yang bentrok, jadi nggak dapet. Excited, tapi sekaligus karena belum pernah jadi ‘apa ya?’ gitu. Pasti seru sih, cuma maksudnya ingin membayangkan tapi memang belum kebayang gitu,” ucap Adhitia Sofyan.

Begitu juga dengan Jason Ranti yang namanya mulai diperhitungkan di industri musik Indonesia. Musisi yang akrab disapa Jeje ini memberikan komentar yang singkat mengenai tanggapannya yang diundang untuk pertama kalinya di SynchronizeFest 2017.

“Senang! Apa lagi yang mau dirahasiakan?”, ujar Jason Ranti.

Synchronize Festival adalah tempat di mana para musisi lokal bisa benar-benar menjadi tuan rumah di negara sendiri, karena memang semua pengisi acaranya adalah musisi lokal Indonesia yang memang bagus-bagus banget.

Sementara itu, Synchronize Festival ini juga memiliki tagline “It’s not just a festival, it’s a movement”. Festival ini juga diharapkan dapat memberikan pergerakan positif dalam dunia musik bagi musisi Indonesia atau pun para penikmat musik tanah air. David Bayu juga memberikan tanggapan mengenai movement ini.

“Kalau di sini kan pergerakannya kita ikut dukung pergerakan yang baik, pergerakan untuk ekosistem musik Indonesia. Ekosistem dalam arti, Ini orang kreatifnya yang create gitu dan seluruh elemen pendukungnya itu jadi satu untuk makin grow, makin baik lagi, lebih saling dukung, bukan profit minded ke personal atau pun sendiri gitu, cuma ‘gue gedein lo, lo juga saling gedein gue’, udah nggak sikut-sikutan lagi, tapi ini kekayaan. Orang Indonesia tuh udah orang yang kreatif banget, udah turun-menurun, jadi, lo tuh harus aware ini tuh udah potensi, kalau nggak ada yang dukung, it’s such a waste menurut gue”, tutup David Bayu.

Keseruan yang ada di Synchronize Fest 2017 nanti bukan hanya dari ranah musik saja, aka nada rangkaian acara dari sejumlah pertunjukan film di area khusus, records market, bazar kreatif, dan juga sejumlah pengalaman visual yang saling melengkapi.

Tiket Synchronize Festival 2017 bisa kamu dapatkan di synchronizefestival.com atau jfp.events/ticket/synchronize, serta outlet-outlet dan aplikasi seperti Book My Show, Go-Tix, Goers, Ibu Dibjo, Kiostix, Panorama Tours, dan Rajakarcis. Tiket sudah dijual dalam beberapa kategori dengan harga yang berbeda, Rp 345 ribu (regular, 3 day), Rp 190 ribu (daily regular), Rp 135 ribu (daily early entry, berlaku untuk masuk ke area sebelum pukul 3 sore).

Synchronize Festival 2017 Rundown:


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles