Event / The List

The annual cycling events are back in 2018

Posted on January 05, 2018

Memasuki tahun 2018 sudah banyak sekali rangkaian event sepeda yang akan diselenggerakan di Indonesia. Event-event ini merupakan event tahunan yang cukup menarik perhatian para penggemar olahraga sepeda. Banyak pesepeda baik yang professional maupun non-professional yang sudah mendaftarkan diri untuk ikut berpartisipasi dalam event-event ini.

Bersepeda merupakan salah satu kegiatan olahraga yang memiliki banyak sekali manfaatnya dan juga peminatnya.

Berikut beberapa jadwal event tahunan bersepeda yang akan diselenggarakan tahun 2018 ini:

  • 7 Tour de Indonesia

    Event ini akan berlangsung pada tanggal 24 – 28 Januari 2018. Tour de Indonesia akan melintasi 10 kabupaten/kotamadya di tiga provinsi, diantaranya Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Event ini akan dimulai dari Candi Borobudur dan berakhir di Denpasar, Bali dan akan diikuti oleh 17 tim.

  • 6 Grand Fondo New York (GFNY) Indonesia

    Untuk pertama kalinya GFNY Indonesia akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 2 – 4 Februari mendatang. Sebelumnya, Lombok yang menjadi tuan rumah ajang balap sepeda marathon ini selama 2 tahun. Akan ada dua kategori dalam ajang ini, yaitu long distance (race) 163 km dan medio distance (non race) 80 km.

  • 5 Tour de Bintan

    Perlombaan balap sepeda yang melintasi keindahan Pulau Bintan ini akan kembali diadakan pada tanggal 23 – 25 Maret 2018. Di tahun ke-8 penyelenggarannya, ajang balap sepeda tahunan ini dikenal sebagai tantangan sepeda paling favorit dan utama di Asia, lebih dari 1.000 pesepeda dari seluruh dunia akan bersaing dalam ajang ini.

  • 4 International Veteran Cycle Association (IVCA)

    Tahun 2018, Indonesia mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah event tahunan IVCA. Event ini akan diselenggarakan di Denpasar, Bali pada tanggal 12 – 16 April 2018. Dikemas dengan event rally sepeda tua dan juga ontel internasional, IVCA 2018 akan diikuti oleh lebih dari 30 negara dengan peserta sekitar 300 pesepeda asing, dan didukung oleh Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) yang akan mengirimkan sebanyak 5.000 peserta.

  • 3 Tour de Pangandaran

    Event tahunan yang diselenggarakan oleh Komunitas B2W Indonesia Wilayah Tasikmalaya ini akan kembali diadakan pada tanggal 21 – 22 Juli 2018. Event ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silahturahmi dan berbagi pengalaman dalam bersepeda seerta bike campaign penggunaan sepeda sebagai salah satu moda transportasi alternative yang dapat berintegrasi dengan public transportation. Rute Tour de Pangandaran akan menempuh jarak sejauh 110 km dimulai dari Tasikmalaya menuju Pangandaran.

  • 2 Tour de Singkarak

    Satu lagi event balap sepeda internasional akan diselenggarakan di Indonesia, yaitu Tour de Singkarak. Event berskala dunia ini dijadwalkan akan digelar pada tanggal 5 – 14 September 2018. Tahun 2018 ini memasuki tahun yang ke-10 Tour de Singkarak diadakan. Ajang balap sepeda tahun ini akan melintasi 17 kabupaten di kawasan provinsi Sumatra Barat dan ditambah satu kabupaten di provinsi Riau.

  • 1 Jambore Sepeda Lipat Nasional (JAMSELINAS)

    Para pengguna sepeda lipat juga nggak mau ketinggalan nih. Pada tanggal 14 – 16 September 2018, para pecinta sepeda lipat akan menngadakan acara bersepeda bersama di kota Daeng, Makassar, Sulawesi Selatan. Catat tanggalnya ya, kamu yang berada di sana siapa tahu bisa ikut bersepeda yang menyenangkan di kota Daeng.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles