Event / The List

Pameran Perdana "Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow" di Indonesia

Posted on March 09, 2018

Museum MACAN, sebagai museum seni modern dan kontemporer pertama di Indonesia yang sudah dibuka sejak November 2017 lalu ini, sebentar lagi akan memamerkan karya seni dari seniman Jepang, Yayoi Kusama dengan tajuk “YAYOI KUSAMA: LIFE IS THE HEART OF A RAINBOW”, pameran survei yang telah sukses di berbagai negara. Pameran ini akan dibawa ke Jakarta dan dipamerkan di Museum MACAN mulai tanggal 12 Mei – 9 September 2018.

Pameran survei Yayoi Kusama ini berfokus pada perkembanga artistik sang seniman selama hampir 70 tahun. Pameran ini akan menjadi penampilan kumpulan karya Yayoi Kusama terbesar yang pernah diadakan di Indonesia. Sebelumnya, sejak Museum MACAN dibuka, museum ini juga sudah memamerkan karya instalasi Yayoi Kusama, Infinity Mirrored Room – Brilliance of the Souls (2014), di area Taman Patung.


Museum MACAM menjadi lokasi ketiga dan terakhir dari pameran yang sebelumnya pernah ditampilkan di National Gallery Singapore (NGS) dan Queensland Art Gallery: Gallery of Modern Art (QAGOMA). Lebih dari 130 karya dalam bentuk lukisan, patung, dan karya di atas kertas yang akan ada di Museum MACAN. Selain itu, para pengunjung juga bisa melihat karya-karya yang nggak ditampilkan dalam kedua pameran sebelumnya.

Ini juga menjadi kebanggan tersendiri bagi Museum MACAN bisa menghadirkan karya-karya indah dari Yayoi Kusama.

“Museum kami dengan bangga mempersembahkan sebuah pameran yang berkaliber internasional ini untuk publik Indonesia dan regional. Pameran ini juga akan menampilkan beberapa karya milik museum kami. Saya mengajak semua pecinta seni dan budaya untuk mengapresiasi pameran ini,” tutur Aaron Seeto selaku Direktur Museum MACAN.

Dalam kesempatan kali ini, pengunjung bisa melihat penggunaan motif khas Kusama, termasuk polkadot, jaring dan labu, melalui karya-karyanya yang sudah dibuat dari tahun 1950-an hingga saat ini. Pameran ini juga akan menampilkan beberapa karya dari perjalanan Kusama yang telah diapresiasi di berbagai belahan dunia, diantaranya “Dots Obsession” (2013/2016), “Narcissus Garden” (1966/2018), ”The Spirit of the Pumpkins Descended Into the Heaves” (2015) dan “The Obliteration Room” (2002-masih berlangsung), instalasi interaktif ini sudah ditampilkan di lebih dari 20 lokasi di 15 negara, dan sudah dilihat oleh sekitar lima juta orang.

YAYOI KUSAMA: LIFE IS THE HEART OF A RAINBOW” diorganisir oleh National Gallery Singapore dan Queensland Art Gallery: Gallery of Modern Art, Brisbane, Australia, kemudian berkolaborasi dengan Museum MACAN. Pameran ini merupakan pameran perdana Yayoi Kusama di Indonesia.


Pameran ini juga dilengkapi dengan katalog yang akan dipublikasikan dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Yang penasaran dengan karya-karya dari Yayoi Kusama, jangan lupa untuk datang ke Museum MACAN bulan Mei nanti.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles