Event / The List

"Passion for Nation" Menjadi Tagline PassionVille 2017

Posted on July 19, 2017

Selasa (18/7) kemarin, berlokasi di Dia.Lo.Gue, Kemang, Jakarta Selatan, PassionVille mengadakan press conference terkait akan diselenggarakannya Passionville 2017 yang didukung oleh Wismilak Foundation. Tahun ini merupakan tahun ke-5 diadakanya PassionVille. Setiap orang pasti memiliki passion dalam diri mereka, berbeda dengan hobi, passion merupakan hal yang benar-benar ingin kamu kerjakan dengan sepenuh hati, selalu berusaha mewujudkan apa yang sebenarnya ingin kamu lakukan. Namun, terkadang ada beberapa hal yang mungkin mempersulit kamu dalam mewujudkan passion tersebut. Mulai dari kurangnya orang yang membantu, sampai minimnya wadah untuk mengekspresikan karya. Dalam hal ini, PassionVille bergerak sebagai wadah untuk membantu para generasi bangsa mewujudkan passion mereka di bidangnya masing-masing. PassionVille 2017 mengusung taglinePassion for Nation” yang akan menjadi semangat baru para Passioners melalui program #ProjectPassion.

Melalui program tersebut, para Passioners ditantang untuk membuat sebuah project berdasarkan passion mereka dengan ide-ide yang lebih kreatif, inovatif, dan juga diharapkan bisa memberikan dampak yang positif serta menginspirasi untuk lingkungan sekitar, kota, atau bahkan bangsa Indonesia.

“Di tahun 2017 ini, PassionVille telah memasuki tahun ke-5 dan semakin mengukuhkan aktivasi ini sebagai rangkainan festival passion di bidang kreatif terbesar di Indonesia. Kami telah membuktikan komitmen untuk terus memperluas konten program sehingga lebih banyak peluang dapat diambil oleh anak-anak muda Indonesia dengan karya-karya barunya sesuai passion-nya masing-masing,” ujar Edric Chandra sebagai penggerak #ProjectPassion.

Dalam program #ProjectionPassion ini, PassionVille 2017 juga merekrut “Agent of Passion”, terdiri dari anak-anak muda kreatif terpilih, mereka juga turut menyuarakan program PassionVille dan mengajak para Passioners yang memilki potensi, ide kreatif, dan inovatif untuk ikut serta dalam kompetisi PassionVille #ProjectPassion. Proses pemilihan Agent of Passion ini sudah dibuka sejak bulan April, dan tepat tanggal 8 Juli 2017 lalu, sudah terpilih 50 agent dari 5 kota di Pulau Jawa, yakni Semarang, Solo, Jogja, Malang dan Surabaya.

Kompetisi #ProjectPassion PassionVille 2017 ini dapat diikuti oleh pria atau wanita warga negara Indonesia dengan usia di atas 18 tahun, bisa beregu maupun perorangan. Kamu yang memiliki passion dengan ide yang kreatif bisa mendaftar melalui www.passionville.id, pendaftaran sudah dibuka sejak bulan Mei 2017, dan ditutup tanggal 14 Oktober 2017.

Nggak hanya itu, sebelum mempresentasikan project yang kamu kompetisikan kepada dewan juri, proposal yang terpilih juga akan mendapatkan mentoring session dari beberapa tokoh inspiratif, setelah itu mereka akan menjalani “Kelas Kreatifitas & Passion” dan mendapatkan pelatihan dari para ahli di bidang kreatif.

Para pemenang nantinya akan mendapatkan dana dari Wismilak Foundation untuk benar-benar merealisasikan ide kreatifnya. Kelebihan lain yang akan diperoleh pemenang utama adalah sebuah experience grant, bisa dalam bentuk mentoring, workshop, ataupun exhibition yang dapat memberikan nila tambah untuk project mereka.

Dalam press conference kemarin juga turut menghadirkan 2 pemenang PassionVille 2016, yaitu Abdullah Faqih asal Yogyakarta yang menggagas projectVoice of Changes”. Voice of Changes merupakan sebuah project Audiobooks yang tujuan memberikan akses bagi para disabilitas (terutama tuna netra) untuk memperoleh hiburan, edukasi, maupun informasi dari sebuah buku. Project yang digagas oleh Faqih dan teman-temannya ini terpilih sebagai The Most Inspiring #ProjectPassion. Selain Faqih, hadir juga Fandy Ragil yang menang dalam kategori The Remarkable #projectpassion melalui gagasannya, yaitu kreasi mural “Merupa Menjelma di Setiap Sudut Kota”, karyanya ini juga mendapatkan apresiasi dari Walikota Surabaya, Tri Rismaharini karena dampaknya yang positif di Surabaya.

Selain menghadirkan para pemenang PassionVille 2016, PassionVille tahun ini juga menampilkan inspiring people yang hadir sebagai narasumber, yaitu Mohammad Istiqamah (vokalis Payung Teduh), Arina Ephipania (vokalis Mocca), dan komunitas Institut Musik Jalanan yang digawangi oleh Andi Malewa. Mereka juga berkolaborasi dalam sebuah lagu berjudul "Dimana Kau Kawan".  Gebrakan lain dari PassionVille 2017 adalah kolaborasi PassionVille dengan duo indie Endah N Rhesa dalam program “PassionVille X Endah N Rhesa, Indie Ride – Journey of Passion”, dimana nantinya Endah N Rhesa akan bersepeda menulusuri 5 kota di Pulau Jawa.

Sebelumnya, PassionVille juga sudah melakukan Campus Roadshow dan Mini Concert di 5 kota besar di Pulau Jawa (Semarang, Solo, Yogya, Malang dan Surabaya) Pada bulan April hingga Mei lalu, menampilkan beberapa inspiring people seperti Rene Soehardono, Yoris Sebastian, Erix Soekamti, Andi Malewa, dan Ryan “The Popo”. Juga ada art performance dari Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Superman is Dead, Kelompok Penerbang Roket, The S.I.G.I.T, Seringai, dan masih banyak lagi lainnya.

“Teman-teman yang ada di kampus juga perlu di-triger atau dirangsang supaya mereka membuat karya. Terkadang, kampus tidak bisa yang namanya merealisasikan hal tersebut, oleh karena itu, harus ada pihak-pihak yang punya kepedulian untuk mendorong membuat sebuah karya”, ungkap Edric pada saat press conference berlangsung.

Event yang sudah berlangsung dari tahun 2013 ini mengajak masyarakat Indonesia terutama para generasi muda untuk menjadi sosok yang konsisten mengasah bakat yang dimiliki sesuai dengan passion masing-masing dan berkarya melalui passion tersebut.

Informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi www.passionville.id. Kalau kamu punya project yang keren sesuai dengan passion kamu, jangan ragu untuk segera daftarkan proposal project kamu ke laman web tersebut. Good luck!


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles