Event / Recap

Menjadi Ajang Berkumpulnya Penikmat Rilisan Fisik

Posted on April 26, 2017

Pertama kali Indonesia ikut ambil bagian dalam perayaan Record Store Day (RSD) pada tahun 2012, kini memasuki tahun keenam Record Store Day Indonesia yang berbasis di Jakarta, mengadakan perhelatan rilisan fisik ini di Mall Kuningan City pada 21-22 April lalu. Tentu saja puluhan record store ikut berpartisipasi yang tergabung dalam satu area. Ini menjadi ajang berkumpulnya penikmat rilisan fisik.    

Pengunjung yang hadir dalam perhelatan ini cukup ramai tapi tidak padat. Entah itu ingin mencari rilisan fisik dari musisi yang mereka favoritkan atau aksesoris fashion. Selain tenant yang menyediakan rilisan fisik seperti vinyl, CD, kaset dan t-shirt, di acara ini juga terdapat yang menjual patch, kaos kaki, pin, turntable, dan box tempat vinyl. Acara ini juga dimeriahkan oleh band yang diantaranya Giant Step, Petaka, Fable, The Trees And The Wild, Dialog Dini Hari, Monkey To Millionaire, Barefood, Skalie, Sentimental Moods, Indische Party, Polyester Embassy, Piston, dan Ramayana Soul.    

Lebih dari 40 rilisan fisik dari musisi independen dirilis secara eksklusif tahun ini. Diantaranya adalah The Trees And The Wild – Monumen (EP) yang dirilis dalam bentuk kaset, Petaka – Live at Extreme Moshpit yang juga dirilis dalam bentuk kaset, Giant Step – Life Not The Same dalam bentuk CD, vinyl, dan kaset. Tentu saja perhelatan Record Store Day menjadi ajang promosi bagi musisi untuk menjual karyanya dalam bentuk fisik.


  • Fariz Eka Kuswanda

    Photograph

  • Fariz Eka Kuswanda

    Text



Related Articles