Event / Recap

Sebuah Festival Desain Grafis dan Animasi

Posted on October 05, 2017

Ultigraph merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Seni dan Desain dan diwadahi oleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Seni dan Desain. Setiap tahunnya, Ultigraph memiliki tema masing-masing yang mengajak seluruh pesertanya untuk mendalami dan memaknai tema tersebut. Memasuki tahun yang keenam, Ultigraph 2017 memiliki tema “Rupavikara" yang merupakan gabungan dari dua kata dari bahasa Sansekerta. “Rupa" berarti bentuk atau suatu perwujudan, sedangkan “vikara" merupakan perubahan atau perkembangan kearah yang lebih baik dan positif. Rupavikara dalam Ultigraph 2017 merepresentasikan suatu perubahan dan perkembangan diri manusia kearah yang lebih baik dan positif. Hal ini bisa juga diibaratkan sebagai proses metamorfosis dari jati diri manusia.  

Pemilihan tema “Rupavikara" memiliki tujuan untuk memotivasi dan mempersuasikan seluruh perserta Ultigraph 2017 agar dapat terus berkembang dan beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Perubahan dalam hidup pastinya tidak dapat dihindari, tetapi setiap pribadi manusia dapat mengarahkan perubahan tersebut dan dijadikan peluang untuk membawa kehidupannya kearah yang lebih baik.  

Rangkaian acara Ultigraph selama 5 hari dari Selasa (29/9) sampai Sabtu (30/9) terdiri dari Roadshow, Seminar, Workshop, On Brief Competition, bedah karya hingga diakhiri oleh Awarding Night berbarengan dengan pameran Ultigraph pada malam yang sama sebagai penutup di Usmar Ismail Hall.

Pameran Ultigraph “Bara Karya, Abdi Masa”

Para insan kreatif baik siswa maupun mahasiswa diberi wadah untuk memamerkan karya seni dan grafisnya. Pameran pada Ultigraph 2017 memiliki tema yaitu “Bara Karya, Abdi Massa” yang ingin membahas mengenai kemunculan karya sebagai tanda eksistensi diri yang telah berproses. Insan kreatif dalam pameran ini  menghidupi karya lewat tema hadir sebagai respon mereka terhadap situasi masyarakat sekarang (masalah yang tak terbatas) yaitu sebagai seorang pelaku seni dan desain. Pameran Ultigraph 2017 Rupavikara mengundang para insan kreatif untuk berkontribusi dalam pergulatan isu di tengah masyarakat. Hadir penuh makna, tanda abdi pada massa.  

Awarding Night

Dalam malam penganugerahan ini juga akan diadakan pengumuman karya terbaik pada pameran, pemenang Ultigraph Award, dan pemenang piala Samala. Pada malam penganugerahan ini juga diadakan performance seperti video mapping, theatrical dance, orchestra dan choir.  



Related Articles