Face 2 Face / Community

Order 66 Star Wars Indonesian Troopers Homebase

Posted on December 26, 2016

Bulan Desember ini, para penggemar Star Wars seakan diobati rasa rindunya dengan ditayangkannya film terbaru dari Star Wars, yaitu "Rogue One: A Star Wars Story" di bioskop-bioskop seluruh dunia. Dalam menyambut tayangnya film tersebut, salah satu komunitas yang sudah cukup besar namanya di Indonesia, Order 66, menyelenggarakan kegiatan nobar (nonton bareng) di Kuningan City dan Gandaria City. Keseruan nggak cuma dari ramainya orang yang ikut nobar Star Wars, tapi juga banyak yang nobar sambil cosplay. Banyak karakter Star Wars yang turut meramaikan acara nobar ini, mulai dari Storm Trooper, Jedi, hingga Darth Vader. Kegiatan nobar ini memang sudah rutin dilakukan oleh Order 66 setiap ada film Star Wars yang baru. Beberapa hari yang lalu, tepatnya 21 Desember 2016, Free! berhasil menemui dan berbincang langsung dengan founder dari Order 66, Riza Satyagraha, berlokasi di Toyzone, Kemang Raya Timur, Jakarta Selatan. Perbicangan membahas seputar komunitas Order 66 dan kegiatannya yang seru ini.



Order 66 ini kan sebuah komunitas, terbentuknya sudah dari kapan?
Kita terbentuk sudah dari tahun 2008.

Ide awal kebentuk komunitas ini tuh ceritanya kayak gimana sih?
Jadi, kita sebenarnya sih awalnya karena kita kumpul, ternyata setelah saya sempat sekolah di luar ambil S2, kemudian pas balik ke sini karena emang udah suka Star Wars ya, iseng kita bikin. Kan waktu itu ada event ya, event “Jakarta: Toys & Comic Fair”, kita lihat ternyata banyak penggemar Star Wars tuh, akhirnya kita kopi darat, terus “Kok ini nggak ada wadah yang bisa mewadahi untuk Star Wars?” Akhirnya, kita bikin lah wadah atau komunitas Star Wars bagi para penyuka Star Wars di Indonesia, namanya Order 66 Sith Star Wars Indonesian Troopers Homebase, gitu.

Berarti ini komunitasnya nggak cuma menaungi para penggemar di Jakarta aja ya, tapi emang untuk seluruh Indonesia?
Iya, malah kita sekarang selain full di Indonesia, kita member juga dari Thailand, Singapore, Malaysia juga ada. Kita juga punya afiliasi dengan komunitas Order 66 yang ternyata ada juga namanya yang sama di Mexico, Itali, Spanyol, Chili, Peru.


Jadi, itu masih satu komunitas juga ya?
Jadi, sebenarnya beda. Tapi, mereka kan komunitas Star Wars juga, cuma ternyata namanya sama, dan udah kita duluan yang pakai nama itu. Jadi, mereka minta izin untuk pakai nama yang sama, akhirnya, yaudah kita gabungin aja gitu. Kita lagi berusaha untuk bikin satu logo naungannya untuk internasionalnya, jadi nanti kita semua di bawah naungan itu istilahnya.



Nah, bicara soal nama komunitasnya, pemilihan nama Order 66 sebagai nama komunitasnya itu ceritanya gimana? Ada pertimbangan tertentu kah?
Nggak ada sih. Pertimbangannya, karena kita nggak bisa pakai nama Star Wars untuk komunitas, jadi kita pilih kata Order 66 yang phrase-nya ada di movie Star Wars Episode 3 dan semua fan boys pasti tahu.

Berbicara tentang komunitas, pasti juga ada kegiatannya dong. Kegiatan Order 66 ini ada apa aja sih? Dan kegiatan apa yang paling seru?
Biasanya kita emang banyak gathering, terus kita juga ada acara nobar (nonton bareng) setiap ada film Star Wars terbaru, terus kita juga sering ikut di event-event besar seperti di Jakarta: Toys & Comic Fair, Battle of the Toys, kita ada booth yang mewakili untuk komunitas Star Wars ya. Kalau event kita sendiri sih itu ada namanya SW Weekend, SW itu Star Wars, cuma karena kita nggak boleh pakai nama Star Wars, jadi kita pakai “Science-Fiction World Weekend” gitu. Itu intinya emang acaranya majority emang Star Wars, abis itu kita tampilin exhibition untuk display koleksi para kolektor dari member kita, terus juga ada performance dari cosplay pakai karakter Star Wars ada sekitar hampir 50 orang, kemudian juga ada atraksi Light Saber, koreo, ada demonstrasi koreo dan segala macam, kemudian juga ada selling area, di mana kita sesama seller kolektor itu yang mau jual ketemu, swap meet, barter, segala macam bisa ketemu di situ untuk barang-barang Star Wars. Kemudian, juga ada artworks-nya juga kita pajang disitu, jadi karya dua dimensi atau tiga dimensi dari para penggemar Star Wars di Indonesia, misalnya Jabba Coaster Image, itu mereka bikin, kemudian juga yang modelnya custom untuk statue, toys segala macam. Nah, kemarin kita sempat bikin itu ada itu semua. Selain itu, dari artworks-nya juga ada charity, jadi kita jual artworks-nya untuk charity ke Yayasan Sayang Ibu Bintaro, gitu.  

Apa sih yang istimewa dari Star Wars? Dari yang dilihat, fandom-nya itu kayaknya beda dari yang lain, contohnya mungkin kayak setiap nobar film Star Wars pasti ada yang pakai kostum karakter Star Wars kan. Sedangkan, kayaknya fandom film lain nggak sampai sebegitunya.
Sebenarnya sih, karena memang Star Wars sudah dari tahun ’77 filmnya ya, dan memang kebanyakan member kita itu generasi yang sudah tahu film Star Wars dari dulu, memang umurnya yang pasti sudah antara 20 sampai 40 tahun, 50 tahun ada, memang member utamanya, justru member yang supporting-nya memang anak kecil, yang generasi sekarang. Jadi, kayaknya sih memang itu yang kita bawa ke sini, dan memang yang pasti karena film Star Wars istilahnya sudah sampai ke 8 film, termasuk film spin off-nya yang baru keluar tuh, Rogue One, dan setiap tahun kan. Jadi, kita memang sudah menyiapkan dari awal bahwa, kita harus gini, harus gitu, harus gini, harus gitu. Jadi, kebetulan kemarin kita nobar dua kali, eh tiga kali malah, yang paling gedenya tuh 230 seats, itu hampir 60% full costume, ngeramein di Kuningan City, plus ada acara SW Weekend tersebut. Kemudian, di Gancit (Gandaria City) juga kita ngadain, di IMAX ya. Dari kita juga diundang dari para branded yang megang merchandise Star Wars, kayak Uniqlo dan segala macam, kita diundang buat datang, buat ngeramein juga. Jadi, memang itu benar-benar, “Kok kayaknya Star Wars ada di mana-mana,” gitu istilahnya.



Nah, tadi kan sempat bilang hampir 60% full costume. Untuk cosplay-nya sendiri, kalian ini kostumnya bikin sendiri atau menyewa?
Jadi, kalau untuk divisi cosplay kita memang kostumnya ada yang memang kita full replica, kita order dari luar, ada yang kita mix, dan mungkin hanya order setengah bagian karena memang itu yang susah, selebihnya kita mix, kita bikin sendiri, ada juga yang full kita bikin sendiri. Jadi, ada kreativitas juga dikalangan para costume maker kita, untuk bikin kostum Star Wars, karena memang kan kalau secara umum sebenarnya kostum Star Wars itu nggak banyak dijual, kalau pun dijual paling versinya yang versi Halloween lah, yang carnival. Tapi, kalau nggak bikin benar-benar yang se-detail mungkin bisa sesuai dengan replica kayak di film Star Wars.

Kostum apa sih yang paling ribet dibikinnya?
Sebenarnya, kalau yang paling ribet dibikin kayak kostum Storm Trooper, yang full armor-nya, kayak Darth Vader, itu mix biasanya kita pesen dari luar, tapi kita rapihin lah di sini.

Range cost yang kalian keluarkan untuk bikin kostum Star Wars ini berapa?
Kalau kostum sih yang paling murah itu antara 300 ribu rupiah  juga ada, yang memang kebanyakan bahannya fabric ya, mungkin kayak baju Jedi, apa segala macam. Tapi, yang paling mahal bisa sampai hampir 13 – 20 juta rupiah, ada karena full dengan Light Sabernya lengkap gitu

Sebagai pecinta Star Wars, pasti mengoleksi pernak-pernik Star Wars juga kan. Udah berapa banyak sih jumlahnya?
Sebenarnya, kolektor dari Star Wars itu macam-macam. Ada yang kolektor action figure-nya, ada yang kolektor untuk merchandise, misalnya dari teater, ada yang jual merchandise-nya segala macam, itu juga banyak yang koleksi, juga ada yang koleksi komiknya, novelnya juga ada, ada yang koleksi misalnya kostumnya juga ada, kostum-kostum, terus koleksi pernak-pernik lainnya juga ada. Emang sih bervariasi lah, kadang-kadang kalau kolektor yang memang sudah “wah”, koleksinya mungkin bisa sampai seribuan sih ada. Kayak karakter action figure yang 3 ¾, yang ukurannya satu jengkal kurang lah, itu kan memang sudah diproduksi dari tahun ’80, jadi sampai sekarang masih terus-terus bertambah, jadi yang mengoleksi itu juga akan terus bertambah. Kemudian kalau yang koleksi kostum, mungkin ada yang punya hampir sekitar 40 kostum, ada, yang koleksi Light Saber juga ada. Jadi, memang tergantung nih koleksinya apa dulu nih, gitu.



Ada cerita seru nggak waktu mencari pernak-pernik Star Wars? Kan mungkin aja ada yang susah didapatkan. Oh, biasanya itu banyak tuh. Jadi, masing-masing misalnya memang ada yang mereka hunting ke luar negeri, karena itu mungkin agak sedikit ringkih ya, jadi itu nggak bisa masuk ke bagasi, jadi mereka memang benar-benar tenteng tuh, barang yang gede ditenteng tuh, dia bawa ditenteng, nggak masalah tuh, barangnya juga selamat sampai Jakarta. Ada juga yang memang misalnya kita saat event ada barter atau swap meet, ada barang yang memang rare, kita rebutan, ada, tapi tetap dengan fun ya, karena kita hobi ya, based on fun, jadi kita nggak ada unsur politik atau apapun. Terus mungkin ada juga yang misalnya kostum, akhirnya saling membantu, mungkin ada kesulitan dia susah untuk dapat atau bikin apanya gitu, yang ini bisa bikin ininya doang, saling bantu. Jadi, terjalin networking yang luas juga, kekeluargaan juga cukup lumayan besar sih.

Jadi, kalau ditotal anggota Order 66 itu sudah berapa jumlahnya?
Kalau untuk di forum Facebook kita ada 5000-an, itu bisa dibilang worldwide ya, karena kan memang itu juga ada yang dari luar. Kalau yang teregistrasi, itu dia punya member card, itu ada 900-an.

Belum lama ini kan film terbaru Star Wars juga baru keluar, yang Rogue One. Tanggapannya bagaimana dengan film ini? Bisa kasih review-nya nggak?
Tanggapan saya sih, mungkin ini jadi agak spoiler juga ya, mungkin ada yang belum nonton juga. Tanggapan saya kalau dari sisi nilai itu antara 8 ke 10 ya, kondisinya memang karena ini cerita spin off, jadi mungkin sutradaranya bisa lebih explore, karena kan memang bukan main ceritanya, bukan episode yang kemarin tujuh, terus ini yang ke depalan, bukan. Ini penghubung antar episode ke tiga dan ke empat. Jadi, bisa dibilang film ini bisa lebih bebas berkreasi sutradaranya. Dan memang kalau saya lihat, film ini memang yang serunya itu dari setengah ke belakang, itu benar-benar klimaks menurut saya, cuma mungkin dari awal ke tengah mungkin jalurnya agak lambat ya, jadi buat penggemar Star Wars yang baru mungkin agak boring, tapi pas tengah ke belakang itu “wah”, banyak karakter baru yang juga jadi karakter yang memang secara visual keren juga ada, iconic lah istilahnya, emang setiap film Star Wars kan orang selalu nyari karakter apa nih yang iconic, kalau buat cosplayer yang bisa dikostumin.

Berarti film Rogue One sudah sesuai dengan ekpektasi ya? Atau masih ada yang kurang?
Iya, menurut saya sih, saya cukup nikmati. Paling tadi aja sih, dari awal ke tengah agak lambat jalannya, tapi setelah itu karena ujungnya itu benar-benar yang paling klimaks, saya puas.



Oke, setelah nobar Rogue One dan SW Weekend, selanjutnya ada kegiatan apa lagi nih?
Kita sih rencana, ini baru kedatangan satu tamu dari Inggris, namanya David, dia salah satu costume maker untuk Storm Trooper, datang untuk sharing, untuk ketemu lah, dia juga berbagi ilmu untuk buat kostumnya ya, karena dia terkenal juga di Inggris dan di Amerika. Sementara itu sih ini ya, mungkin akhir tahun belum ada lagi, mungkin tahun depan kita rencana mau gathering lagi, cuma gathering secara internal aja. Kemudian, di bulan Februari, eh sorry, di bulan Desember ini kita rencana diundang juga sama @america, dia mau bikin nobar marathon dari episode I, II, III, IV, V, VI, VII, itu startnya tanggal 22 di @america, jadi kita sudah istilahnya mau gathering di sana juga, ngumpul hanya untuk nonton aja sih, istilahnya ikut-ikut ngeramein aja. Kemudian, di bulan Februari kita ikut event di Jakarta: Toys & Comic Fair di Kartika Expo, itu event gede, di mana kita selalu ada booth di sana untuk show off juga.

Nah, kalau mau join dengan komunitas Order 66, itu prosedurnya kayak gimana?
Gampang banget, yang penting suka Star Wars. Nanti tinggal isi form yang ada di kita, kan home base kita di sini nih, di Kemang Timur Raya, di Toyzone. Ada Form, nanti tinggal diisi, terus  tinggal cukup bayar 100 ribu rupiah untuk seumur hidup, itu dapat member card exclusive, T-shirt exclusive, dapat sticker, dan pasti dia sudah teregistrasi. Jadi, gitu aja sudah cukup. Bisa eksis ikut Facebook-nya segala macam, bisa ikut jual-beli juga di forumnya, kita ada dua forum tersebut, forum yang chatting, sama forum yang untuk trade federation, jual-beli, jadi banyak banget, untuk orang-orang yang mau nyari barang-barang yang aneh untuk Star Wars tinggal ke situ tuh banyak banget, dan dengan harga yang bersaing, murah malah.

Oh, ternyata gampang ya untuk join komunitasnya. Oke, biar nanti memudahkan orang-orang untuk cari tahu tentang kegiatan-kegiatan Order 66, media sosialnya ada apa saja nih?
Oh iya, jadi untuk Facebook itu masuk ke fan page-nya Order 66 Indonesia, terus untuk Twitter @order_66_sith, untuk Instagram sama kayak Twitter order_66_sith.

Photo Credits to Order 66


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles