Face 2 Face / Profile

Being an Illustrator is Not Easy as You Think

Posted on November 03, 2017

Menjadi ilustrator bukanlah hal yang mudah, nggak sembarangan orang bisa terjun secara professional sebagai seorang ilustrator. Hanya sebagian orang dengan bakat tertentu yang benar-benar bisa menjalani profesi ini, bahkan seseorang yang jago gambar atau pelukis seni murni belum tentu bisa menggambar sebuah ilustrasi. Karena memang pelukis seni murni dan ilustrator sebenarnya berbeda.

Seorang ilustrator biasanya melukis sebuah gambar berdasarkan pesanan, menggambarkan sebuah ilustrasi yang menceritakan atau menerangkan suatu hal. Seorang ilustrator biasanya menyampampaikan pesan melalui gambar ilustrasi dari sebuah tulisan, cerita, atau pun puisi. Maka dari itu, pesan dari gambar yang mereka buat sebisa mungkin memiliki pesan atau konsep yang mudah dimengerti oleh setiap orang yang melihatnya. Setiap ilustrator juga biasanya memiliki ciri tersendiri dalam setiap gambarnya.

Tahukah kamu, bulan Oktober lalu juga banyak ilustrator yang merayakan #inktober? sebuah periode di mana para ilustrator menggambar setiap satu hari sekali dalam 30 hari, salah satu tujuannya adalah untuk melatih kelancaran menggambar. Nggak harus orang profesional yang mengikuti gerakan ini, kamu yang hobi menggambar juga bisa ikut andil dalam gerakan ini.

Free! berkesempatan untuk bertemu dan berbincang-bincang dengan 3 ilustrator muda berbakat Indonesia, yaitu Jamal Aziz (IG: lapantigatiga), Alif Quita (IG: quitanp), dan Teguh Arifianto (IG: _gulla). Mereka memang bekerja di bidang yang sama sebagai ilustrator, namun, gambar-gambar yang mereka ciptakan tentu memiliki ciri khas tersendiri, sesuai dengan karakter mereka masing-maisng, ini lah yang menjadi keunikan seorang ilustrator. Bersama ketiga ilustrator berbakat ini, Free! membahas seputar dunia seni lukis yang merupakan bagian dari hidup mereka sebagai ilustrator, dan juga seputar pergerakan #inktober, walaupun nggak semua dari mereka mengikuti #inktober tahun ini, namun, mereka tetap menyadari bahwa #inktober merupakan sebuah gerakan yang baik.  Simak video obrolan Free! bersama mereka di bawah ini:



  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles