Face 2 Face / Community

Komunitas Penggemar Star Wars yang Diakui oleh Lucasfilm

Posted on December 15, 2017

Bulan Desember bisa dikatakan menjadi bulannya para penggemar Star Wars, sebab film yang mereka tunggu-tunggu “Star Wars: The Last Jedi” akhirnya mengisi studio bioskop di Indonesia bahkan dunia di bulan Desember ini.

Berbagai macam komunitas pecinta Star Wars memang sudah banyak di seluruh dunia, bahkan di Indonesia sendiri ada lebih dari tiga komunitas pecinta Star Wars. Salah satu dari komunitas pecinta Star Wars adalah 501st Legion yang fokus pada kostum-kostum karakter dark side dari film Star Wars. Kostum yang dibuat benar-benar detail seperti yang ada pada filmnya, mulai dari ukuran, bahan, lekukan-lekukan pada kostum, serta attitude setiap karakter juga ditanamkan ketika sedang “Trooping”. Inilah yang membedakan 501st Legion dengan komunitas lainnya.


501st Legion merupakan komunitas pecinta Star Wars terbesar dan sudah diakui oleh Lucasfilm. Komunitas yang berasal dari Amerika ini sudah terbentuk sejak tahun 1997 dan sudah tersebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri 501st Legion baru terbentuk sekitar tahun 2011. Diawali dengan nama 501st Legion Indonesia Outpost, namun karena anggotanya sudah lebih dari 25 orang, kemudian diganti menjadi 501st Legion Garuda Garrison Indonesia. Terbentuknya 501st Legion Garuda Garrison Indonesia menjadikan komunitas tersebut satu-satunya komunitas kostum Star Wars di Indonesia yang diakui oleh Lucasfilm. Saat ini, 501st Legion Garuda Garrison Indonesia memiliki 31 anggota aktif dan akan terus bertambah. Nggak sekadar menjelma menjadi karakter Star Wars, mereka juga sering melakukan kegiatan sosial membantu sesama yang kurang beruntung.

Beberapa waktu lalu, Free! sempat berkunjung ke markasnya komunitas 501st Legion Garuda Garrison Indonesia di bilangan Jakarta Pusat. Simak obrolan seru Free! bersama mereka di video bawah ini:



  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles