FMD / News

Nggak Hanya Film, Lagu Juga Ada yang Bernuansa Sci-Fi

Posted on November 03, 2017

Apakah kamu termasuk orang yang suka dengan hal yang mengandung unsur Sci-Fi (Science Fiction)? Menurut Wikipedia, Sci-Fi yang dalam bahasa Indonesia artinya Fiksi Ilmiah adalah suatu bentuk fiksi spekulatif yang membahas tentang pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan terhadap masyarakat dan para individual. Sudah banyak sekali film-film yang hadir mengusung tema Sci-Fi, seperti Star Wars, Star Trek, Frankenstein, A Space Odyssey, Interstellar, Alien Franchise, dan masih banyak lagi lainnya.

Well, nggak hanya film aja, lagu-lagu juga ada yang bertemakan atau bernuansa Sci-Fi, dan mungkin lagu-lagu ini cocok untuk didengarkan oleh kamu para penggemar Science Fiction. Dan, siapa tahu lagu-lagu ini bisa menemanimu berkhayal ke luar angkasa atau bertemu alien, atau melakukan hal lainnya yang berhubungan dengan Sci-Fi. Apa saja sih lagu tersebut? Let’s we find out!

  • 5 Muse - 'Supermassive Black Hole'

    Lagu ‘Supermassive Black Hole’ dirilis pada tahun 2006 dan menjadi salah satu track dalam album “Black Holes & Revelations” milik Muse. Muse memang nggak jarang membuat musik yang bernuansa Sci-Fi, dan lagu ini mungkin menjadi lagu milik Muse yang bernuansa Sci-Fi paling kuat. Lagu ini mengisahkan tentang seorang kekasih yang paling membosankan di seluruh galaksi. Mendengarkan lagu ini mungkin bisa membuatmu seperti melayang-layang di luar angkasa.

  • 4 David Bowie - 'Space Oddity'

    David Bowie merupakan musisi yang sering kali membuat lagu bernuansa Sci-Fi, salah satunya adalah lagu ‘Space Oddity’. Lagu yang dirilis tahun 1969 ini bisa ditemukan dalam album Bowie yang bertajuk “David Bowie”. Lagu ini menjadi salah satu karyanya yang membuat Ia terkenal. Lagu yang pernah digunakan oleh BBC saat memberitakan pendaratan di Bulan ini bercerita tentang seorang astronot yang nggak berdaya setelah terjadi kesalahan pada sistemnya. Selain itu, lagu ini juga sempat dinyanyikan oleh astronot Kanada, Chris Hadfield di Stasiun Ruang Angkasa Internasional pada tahun 2013 sebelum Ia kembali pulang ke Bumi.

  • 3 Coldplay - 'A Sky Full of Stars'

    Lagu ‘A Sky Full of Stars’ ini sih hits banget di kalangan anak-anak zaman sekarang. Lagu ini terdapat dalam album “Ghost Stories” yang dirilis tahun 2004, dan berhasil mencuri hati para penikmat musik dunia. Lagu ini ditulis oleh Chris Martin (vokal) yang mengungkapkan bahwa wanita pujaanya adalah sosok yang sangat spesial di hatinya, saking spesialnya, sosok wanita tersebut digambarkan sebagai langit penuh dengan bintang-bintang yang indah. Lirik yang dilengkapi dengan alunan musik yang bernuansa Sci-Fi ini mungkin bisa membuatmu berimajinasi melayang-layang di langit berbintang saat mendengarkan lagu ini.

  • 2 Dopest Dope - 'Balada Hampa Udara'

    Nama band ini mungkin masih agak asing ditelinga kamu. Band yang mengusung genre rock ini merupakan band indie asal Surabaya yang sudah merilis album debutnya tahun 2016 bertajuk “Close to Death”. Dalam album tersebut ada lagu berjudul ‘Balada Hampa Udara’ yang menceritakan tentang kehampaan di ruang yang juga hampa. Menggambarkan seorang astronot yang sedang bertugas di Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Saat Ia sedang berada di luar angkasa, kejadian yang tak terduga pun terjadi, astronot tersebut hilang kontak dengan stasiun yang ada di Bumi, ya, kontak tertputus, tentu saja hal itu membuatnya terperangkap di luar angkasa dan nggak bisa balik lagi ke bumi. Astronot itu terpaksa harus menjalani kehidupannya dengan kesepian di ruang hampa yang membuatnya mengalami berbagai pengalaman psikologis yang belum pernah Ia alami sebelumnya, dan membuatnya nggak tahu bagaimana kelanjutan hidupnya. Lagu ini juga bisa dimasukkan dalam lagu yang memiliki nuansa Sci-Fi, bisa membuatmu berimajinasi sedang terperangkap di luar angkasa, melayang-layang di ruang yang sangat luas dan nggak ada gravitasi.

  • 1 The Overtunes - 'Alien'

    Lagu ini terdapat dalam album The Overtunes bertajuk “Selamanya” yang dirilis tahun 2015. Lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang menganggumi wanita yang unik dan berbeda dari wanita-wanita lainnya. Wanita ini digambarkan dengan sosok Alien yang memang berbeda dengan manusia, di mana Alien tersebut mendarat ke bumi dan menjadi makhluk yang spesial dan belum pernah ada yang sama seperti Alien di Bumi ini. Kamu jadi bisa membayangkan mengagumi sosok Alien dan jatuh cinta pada Alien, tanpa melihat dari fisiknya atau perilakunya yang sangat jauh berbeda dengan manusia.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles