FMD / Fresh Tune

'Manusia dalam Tanda Tanya', Lagu dengan Nuansa Timur

Posted on June 04, 2018

Tepat di bulan Ramadhan tahun ini, grup band asal Yogyakarta, bangkutaman untuk pertama kalinya merilis single religi berjudul ‘Manusia dalam Tanda Tanya’ pada akhir Mei kemarin.

Meski baru dirilis tahun 2018 ini, ternyata lagu ‘Manusia dalam Tanda Tanya’ sudah direkam di sebuah studio di Cibubur sejak bulan puasa tahun 2016.  Saat itu, Acum (vokal, gitar) meminjam sebuah gitar yang unik milik Rendi Pratama (pemilik label La Munai) yang bernama Saz. Saz ini sendiri merupakan gitar dari Turki yang memiliki suara dentingan yang indah. Oleh karena itu, ketika mendengarkan lagu ‘Manusia dalam Tanda Tanya’ akan terdengar suara petikan gitar dengan nuansa timur yang mendominasi.

Selain Saz, lagu ini juga disempurnakan dengan penambahan instrumen perkusi, organ, dan bass, membuat lagu ini menjadi lebih indah.
Melihat situasi yang terjadi di Indonesia, bangkutaman merasa perlu merilis single religi ini. Liriknya yang ringan terasa begitu relevan dengan apa yang terjadi saat ini, di mana ada beberapa orang yang menurut mereka dekat dengan Tuhan justru malah makin menjauh dari Tuhan-nya saat mereka melakukan hal negatif, menyakiti sesama dan menyakiti alam.
Bangkutaman nggak merilis single ini melalui layanan streaming musik, melainkan bisa diunduh secara gratis di website bangkutaman.id.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles