FMD / Fresh Tune

Debut EP Album dari Dyto Bertajuk "Laif;"

Posted on June 06, 2018

Industri musik Indonesia selalu menghadirkan musisi-musisi pendatang baru dengan warna musik yang fresh, sehingga musik mereka bisa diterima oleh masyarakat dengan baik. Saat ini juga banyak sekali musisi yang bermunculan melalui jalur independen, salah satunya adalah musisi pendatang baru bernama Dyto. Melalui jalur Independen, musisi asal Tangerang Selatan ini telah meluncurkan sebuah EP bertajuk “Laif;” yang sudah dirilis secara fisik pada tanggal 21 April 2018, dan berkesempatan merilis EP-nya tersebut di Record Store Day. Kemudian, dilanjutkan dengan merilis EP “Laif” secara digital pada tanggal 29 Mei lalu.

Musik yang sudah mengalir dalam keluarganya, membuat Dyto begitu dekat musik sejak kecil. Namun, musisi yang berusia 27 tahun ini baru menyadari bahwa musik bisa menjadi sebuah profesi sejak 5 tahun yang lalu.

Dalam proses pengerjaan EP “Laif;” ini pun nggak selalu berjalan mulus, pada awalnya, Dyto telah melakukan sesi rekaman di bulan Oktober 2017, dan berencana kan merilis album penuh. Karena merasa ekspektasinya nggak sesuai dengan kenyataan, penyanyi sekaligus penulis lagu ini memutuskan untuk merilis EP yang hanya berisi 4 lagu dengan lirik bahasa Inggris.
Track List:
1. Do What You Need
2. 2 Days in March
3. Wednesday Night
4. Try (Sweet Little Home)

Tajuk “Laif;” itu sendiri merupakan kata dari “life” yang berarti kehidupan, seperti tajuknya, EP album ini bercerita tentang perjalanan hidup dalam keseharian Dyto.

Dalam dunia musik, Dyto memiliki cukup banyak influence yang mempengaruhinya dalam bermusik. Berbagai warna musik juga Dyto hadirkan dalam EP albumnya ini, mulai dari blues, country, folk, ballad, funk, pop, dan noise. Dan, pada akhirnya Dyto memutuskan genre musiknya adalah “pop noise”.

Nggak hanya sekadar memberikan musik yang terdengar indah di telinga, Dyto juga memberikan gimik-gimik menarik dalam pengemasan EP album “Laif;” versi fisik, di mana yang membeli CD-nya akan mendapatkan bonus pensil warna untuk mewarnai sendiri cover CD-nya sesuai dengan mood mereka masing-masing. Selain itu, juga ada sayembara yang mewarnai cover CD terbaik akan dijadikan warna di cover full album Dyto yang sedang tertunda.

Dyto juga berharap EP-nya ini bisa menjadi langkah awal untuknya agar tetap mengeluarkan karya-karya terbaiknya, dan bisa menjadi cerminan bagi orang-orang yang mendengarnya. Dan, tentu saja bisa diterima oleh para penikmat dan pendengar musik tanah air.

EP album “Laif;” sudah bisa didengarkan melalui layanan musik digital seperti iTunes, Spotify, Joox, dan lain-lain. Kamu yang ingin mendapatkan CD-nya bisa langsung message melalui media sosial Instagram @dyto_ramadhan.



  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles