FMD / News

Festival Musik Rumah Bersifat Partisipatif dan Bukan untuk Profit

Posted on March 09, 2018

Cara untuk menyaksikan pertunjukkan musik, nggak hanya dengan pergi ke festival-festival musik besar. Pertunjukkan musik sederhana dengan format home concert atau musik di rumah, juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati pertunjukkan musik. Saat ini juga sudah mulai banyak konten-konten dalam medium YouTube yang melakukan pertujunkkan dengan format home concert.

Kegiatan home concert ini juga rutin dilakukan oleh musisi Petrus Briyanto (Adoy), gitaris dari Bonita & The Hus Band (BNTHB). Bersama dengan istrinya, Bonita, yang juga vokalis BNTHB, Adoy sudah beberapa kali mengundang musisi-musisi tanah air untuk tampil dalam home concert yang diselenggarakan di kediamannya, di kawasan Cinere, Jawa Barat. Dari situ, Adoy kemudian berinisiasi untuk mengehelat sebuah event bertajuk Festival Musik Rumah 2018 yang rencananya akan digelar pada tanggal 17, 18, dan 19 Agustus 2018 di rumah-rumah dari berbagai daerah.

Festival Musik Rumah yang bersifat partisipatif dan bukan untuk profit ini rencananya akan berlangsung dalam kurun waktu bersamaan di beberapa rumah lintas daerah, antar kota, desa, provisi, pulau, bahkan antar negara berdasarkan kesukarelaan, kesukacitaaan, dan kesediaan untuk turut dalam event ini. Nggak hanya dihelat di Indonesia saja, beberapa rumah di negara lain pun direncanakan akan ambil bagian dalam Festival Musik Rumah bulan Agustus nanti.

“Misi Festival Musik Rumah adalah mepererat persaudaraan dan kebersamaan anak Nusantara antar keluarga, lintas daerah, pulau, dan negara melalui musik. Festival Musik Rumah yang pertama akan dilangsungkan pada tanggal 17, 18, dan 19 Agustus 2018 sebagai bentuk syukur atas 73 tahun kemerdekaan NKRI,” jelas Adoy.

Semangat merayakan kebhinekaan dan merawat kebersamaan serta nilai-nilai keluarga yang umum menjadi landasan terwujudnya Festival Musik Rumah.

Banyak musisi yang akan terlibat dalam Festival Musik Rumah, diantara ada Bonita & Adoy, Celticroom Bali, Curly & Me, Denny Dumbo, Dima Miranda, Endah Laras, Familia Home Concert, Gabriel Mayo, Imada Hutagalung, Jason Ranti, Jubing Kristianto, Junior Soemantri, Kartika Jahja, Komunitas Teras Musik Jepara, MaryJane, Nissan Fortz, Nonaria, Rull Darwis, dan Zio. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah seiring waktu persiapan menuju Festival Musik Rumah 2018.

Menuju perhelatan Festival Musik Rumah 2018, Bonita dan Adoy juga sudah menjadwalkan rangkaian tur di beberapa rumah dan daerah di area Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur yang sudah dimulai sejak bulan Februari kemarin, hingga bulan April 2018 nanti.

Dalam waktu dekat ini, tur menuju Festival Musik Rumah 2018 akan diadakan di Bogor pada tanggal 18 Maret 2018. Untuk mengetahui segala informasi mengenai Festival Musik Rumah 2018 ini, kamu bisa pantau terus media sosialnya melalui Facebook: Festival Musik Rumah.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles