FMD / Fresh Tune

'Take It or Leave it', Lagu yang Bercerita Tentang Sebuah Kesempatan

Posted on February 26, 2018

Di awal tahun 2018 ini, penyanyi Petra Sihombing membuat gebrakan baru yang menarik dalam karyanya. Penyanyi sekaligus songwriter ini berkesempatan untuk memproduseri salah satu band jazz ternama, Incognito. Kesempatan ini terjadi melalui lagu baru ‘Take It or Leave It’ yang ditulisnya, di lagu tersebut Petra berkolaborasi dengan Bluey cs.

Kemampuan Petra dalam soal menulis lagu memang sudah nggak diragukan lagi kehebatannya, hal ini juga yang membuat sang pentolan Incognito, Bluey, kagum dengan lagu ‘Take It or Leave It’ yang diciptakannya. Petra dan Bluey pun akhirnya bertemu di London, Inggris dan memutuskan untuk berkolaborasi.

Bagi Petra, kolaborasi dengan Incognito merupakan buah dan salah satu implementasi dari lagu ‘Take It or Leave It’ itu sendiri. Keluar dari zona nyaman dengan memutuskan untuk berdiri sendiri tanpa major label, kini Petra mendapatkan pengalaman yang seru melalui kolaborasinya dengan Incognito. Lagunya itu sendiri bercerita tentang sebuah kesempatan.

"This song is about taking a chance, or leaving it. Kalo lo dapet satu kesempatan, lo bakal ambil apa nggak. It’s about sacrificing my comfort zone to level up in life. Kalo lo mau naik level, lo pasti harus ngelewatin proses nggak enaknya. Are you willing to take that risk? Itu yang gue tanya ke diri gue sendiri. Jadi, kaya gue ngasih pilihan ke diri gue sendiri, take it, or leave it," tutur Petra.

Yang serunya lagi, pembuatan aransemen musik dalam lagu barunya ini, Petra melakukan eksperimen dengan alat musik dari jenis musik yang berbeda. Petra juga menambahkan bahwa lagu ini yang jadi itu musiknya duluan, kemudian Ia bereksperimen dengan sampling drums dari lagu lain, ambil bagian kick-nya aja, terus dilanjutkan dengan snare yang diambil dari lagu lainnya lagi, lalu memainkan gitar secara live kemudian di-sampling, dan begitu seterusnya.

Nggak hanya itu, Petra juga bereksperimen dengan formula pembuatan lirik. Hal ini Ia lakukan karena terinspisari dari lagu ‘Mine’ yang dinyanyikannya dan meledak di tahun 2014. Sebagai seorang produser, tentunya Petra juga ingin lagu barunya ini menjadi lagu yang hit dan dikenal luas.

"Gue mikirinya, okay Ben udah nulis ‘Mine’ , and that was a hit. Apa yang bisa bikin lagu itu jadi hit? Gue dalemin. Gue bedah lagu gue sendiri, lalu gue lawan dengan formula baru bikinan gue. A successful song is formulatic, but there’s got to be another formula for a hit song. ‘Take It or Leave It’ adalah produk dari pemikiran gue itu," jelas Petra.

Kolaborasinya dengan Incognito tentu saja menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Petra Sihombing. Nggak sekadar belajar banyak dari segi musik dan sound, Petra juga mendapatkan ilmu lain dari Bluey cs, yaitu menghargai waktu.

Take It or Leave It’ sudah dirilis pada tanggal 23 Februari kemarin, dan sudah tersedia di gerai musik digital seperti Spotify dan iTunes.

Listen to Petra's new song 'Take It or Leave It' down below:



  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles