FMD / News

Rest in Peace, Chester Bennington

Posted on August 08, 2017

Pada tanggal 20 Juli 2017, kematian Chester Bennington di usianya yang ke-41 tahun mengundang kesedihan dari banyak orang, khususnya bagi para penggemar Linkin Park (LP).

Sejak kemunculannya, LP memang tergolong unik. Pada departemen vokal, kombinasi scream dan suara melodius Chester disokong oleh rap dari Mike Shinoda; dari instrumennya, Brad Delson, Dave Farrell bersama Rob Bourdon menjaga agresivitas peleburan rock dan metal; ketika Joe Hahn menambah sisi alternatif dan elektroniknya.

Racikan yang disuguhkan oleh LP terutama melalui dua album awal mereka yang monumental mengantarkan mereka menjadi band yang besar. Album-album LP menjadi salah satu band dengan penjualan terbesar pada masanya. Perjalanan diskografi mereka cukup berwarna, namun enggak dapat terelakkan, semakin ke sini LP menjadi sedikit ikut arus iklim musik kontemporer (baca: warna pop bertambah). Hal yang menyebabkan pro kontra tentunya bagi para penikmat musik mereka.


Free
enggak merangkum lagu-lagu terbaik LP, itu relatif dengan selera masing-masing saja. Karena itu, Free memilih untuk menarik garis ke atas dan bawah untuk memberikan rekomendasi band beserta albumnya yang paling bisa dinikmati oleh telinga-telinga penggemar LP. Beberapa mempunyai benang merah pada vokal, ada yang kesamaannya dari segi instrumen, hingga ada yang memang 11/12 kemiripan keseluruhan paketnya. Berikut daftar band dan album yang mungkin cocok untuk dinikmati pencinta LP.


Rest in Peace, Chester Bennington.

  • 10 Rage Against the Machine – Rage Against The Machine (1992)

    Salah satu album rock terbaik. Salah satu album rap-metal terbaik. Album debut dari RAtM ini mematok standar tinggi bagi jalur musik seragam.

  • 9 Korn – Korn (1994)

    Bila gemar fase ketika LP masih kental dengan warna nu metalnya, Korn terutama via album ini adalah salah satu rilisan yang punya pengaruh banyak terhadap genre bersangkutan.

  • 8 System of a Down – Toxicity (2001)

    Dinamika struktur lagu yang naik­-turun, cepat-lambat dan gaduh-kalem membuat album ini terasa tidak membosankan. Vokal Serj Tankian yang sangat berkarakter juga menjadi kekuatan tersendiri.

  • 7 Limb Bizkit – Results May Vary (2003)

    Seperti album Limb Bizkit lainnya, isian gitar Wes Borland dan rapping Fred Durst masih menjadi tenaga. Pada lagu ‘Creamer (Radio Is Dead) dan ‘Lonely World’ terdapat tekstur elektronik yang terasa seperti style LP. 

  • 6 Slipknot – Iowa (2001)

    Perkawinan heavy metal, hard rock dan nu metal dari slipknot mencapai titik ideal pada album ini. Liriknya pun banyak mengangkat hal tentang perjuangan individu melawan penderitaan dan rasa sakit.

  • 5 Of Mice & Men – Cold World (2016)

    Sempat menghiasi tur Minutes to Midnight LP. Album ‘Cold World’ banyak mengingatkan sisi melodius sekaligus heavy LP, yang pada periode ini LP mulai mengarah pada stadium-rock-sound. Dalam lagu ‘Real’, Of Mice & Men pun terdengar layaknya versi lebih berat LP era Minutes To Midnight.

  • 4 30 Seconds to Mars – A Beautiful Lie (2005)

    Band dengan vokalis bintang Hollywood, Jared Letto, ini memberikan daya saing yang setimpal untuk gaya stadium-rock LP. 

  • 3 Bring Me The Horizon – That’s The Spirit (2015)

    BMTH meninggalkan jauh apa yang mereka lakukan pada ‘Count Your Blessings’, ketika mereka bermain pada ranah yang lebih “keras” dan “cepat”. Transisi perubahan arah genre sudah mulai terlihat sejak album “Sempiternal”. Hingga akhirnya, sulit untuk menghindari pengaruh LP yang kental pada album ini.

  • 2 Fort Minor – The Rising Tide (2005)

    Bila masih lapar akan rap dari Mike Shinoda, silakan lahap semua materi dari side projectnya ini. 

  • 1 Dead by Sunrise – Out of Ashes (2009)

    Kalau ini dari Chester Bennington. Terbentuk disela-sela LP sedang mengerjakan album ‘Minutes to Midnight’. Hanya sempat mengeluarkan sebutir album pada tahun 2009.





    Honorable mention/check this out too:

    • Disturbed – The Sickness
    • Helmet – Meantime
    • Mudvayne – Lost and Found
    • Nine Inch Nails –  With Teeth
    • Deftones – White Pony



Related Articles