FMD / News

Album "Rull Darwis #2" Rilis Berselang Enam Tahun dari Album Pertamanya

Posted on April 10, 2018

Penyanyi country folk Indonesia, Rull Darwis akhirnya merilis album kedua bertajuk “Rull Darwis #2” setelah kurang lebih enam tahun berselang sejak album pertamanya “rull&theundercover” dirilis pada tahun 2012.

Dalam album keduanya, penyanyi yang sekaligus pencipta lagu ini banyak bercerita tentang keluarganya. Ada tiga lagu yang Rull Darwis ciptakan khusus untuk istri dan anak-anaknya, yaitu lagu “Sheila” untuk istrinya, “Father’s Song” untuk anak lelakinya, dan “Beautiful Gift” untuk anak perempuannya. Selain untuk keluarganya, Rull Darwis juga menciptakan lagu berjudul “More Than I Am” yang ia persembahkan untuk anak-anak muridnya di sekolah anak berkebutuhan khusus.


Tapi, nggak semua lagu di album keduanya ini liriknya ditulis sendiri oleh Rull Darwis. Dalam lagu “Always Splendidly” misalnya, lagu ini liriknya ditulis oleh Bagus Takwin, penulis yang juga seorang psikolog. Lirik yang ditulis oleh Bagus Takwin ini membuat lagunya nggak hanya kuat secara musikal namun juga secara verbal dan kontekstual. Lagu bernuansa western blues ini dibalut dengan irama ragtime pada bagian tengah hingga akhir, dilengkapi dengan paduan suara yang berhasil menguatkan pesan optimisme dalam keseharian.

Sedikit perbedaan dari album pertamanya, album “Rull Darwis #2” ini banyak dihiasi instrument gitar elektrik dan piano, tapi juga nggak menghilangkan suara gitar akustik yang menjadi ciri khas lagu-lagu Rull Darwis.

Di balik layarnya, ada peran Petrus Briyanto Adi (Adoy) dari Bonita & the hus BAND yang bertindak sebagai produser rekaman album “Rull Darwis #2”. Proses rekaman, mixing hingga mastering semuanya dilakukan di studio rumahbonita (kediaman Adoy & Bonita). Adoy juga bilang kalau memproduseri album kedua Rull Darwis ini menjadi hal yang sangat menantang untuk dijalani.

“Lagu-lagu Rull Darwis sederhana, dengan tema-tema yang sangat dekat dengan keseharian. Itulah kenapa mem-produce rekaman lagu-lagu Rull Darwis menjadi sangat menantang untuk dijalani, karena menjaga kesederhanaan bukan hal yang mudah,” ujar Adoy.

Nggak hanya dengan Bagus Takwin dan Adoy, Rull Darwis juga didukung oleh musisi-musisi lainnya dalam merampungkan album barunya ini, diantaranya ada Adien Fazmali, Agung Budiman, Amrus Ramadhan, Andie Jonathan Palempung, Bharata Eli Gulo, Boby Priambodo, Bonita, Curly & Me, Duta Pamungkas, Genta Pratama, Nissan Fortz, Opik Bape, Sri Tursinta Winarni, Tanti Hudoro, dan Wizra Uchra.

Album “Rull Darwis #2” yang berisi 10 track ini sudah rilis pada tanggal 9 April 2018, dirilis dalam bentuk CD dan juga bisa didapatkan di gerai-gerai digital secara online.



  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles