FMD / News

Lantai Dansa Yang Bersejarah

Posted on August 10, 2017

Pernah mendengar cerita mengenai suatu tempat bernama The Hacienda? Jika kamu merupakan penggemar musik elektronik dan belum pernah mendengarnya, berarti ada yang masih kurang dalam kamus pengetahuan musik elektronikmu.

The Hacienda merupakan sebuah club yang terletak di kota Manchester, Inggris. Arena dansa bersejarah yang mulai beroperasi di tahun 1982 ini merupakan tempat lahirnya skena musik Madchester, yang sampai hari ini masih melekat citranya pada band-band kenamaan asal kota Manchester. Seperti The Smiths, Stone Roses, dan Primal Scream.


Selain menjadi tempat pertunjukkan bagi nama-nama besar tadi, The Hacienda yang didirikan oleh Peter Hook (New order / Joy Division) ini juga terkenal sebagai salah satu tempat perkembangan awal musik Acid House di Eropa. Terbilang banyak jumlah produser/DJ acid house legendaris yang membesarkan namanya disana. Sebut saja Greg Wilson, Mike Pickering (Quando Quango), Little Martin, sampai Norman Cook (Fatboy Slim).

Sayangnya ada begitu banyak kasus-kasus perihal drugs yang terjadi di The Hacienda. Sehingga akhirnya tempat tersebut banyak mendapati sorotan dan sentiment negative sejak tahun 1989. Penggunaan drugs yang marak terjadi didalamnya juga mengakibatkan rendahnya tingkat penjualan bar di The Hacienda yang menyebabkan tempat tersebut harus gulung tikar 20 tahun yang lalu, tepatnya pada musim panas tahun 1997.

Untuk kamu para penggemar musik madchester, acid house, classic house, sampai oldskool techno ala The Hacienda, kamu bisa menikmati satu suguhan khusus yang diproduksi oleh dua kolektif musik Ibukota, Interrupted dan Subterranean. Sebuah tribute untuk The Hacienda yang bertajuk The Factorium. Yang akan digelar pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017 di The Safehouse, Mega Kuningan, Jakarta.
Jangan lewatkan seleksi-seleksi musik yang akan membawamu membayangkan kemeriahan The Hacienda oleh sederet DJ seperti Shawn, Ridwan G, Gilang x Dita, dan DSKCK. Sampai bertemu di lantai dansa!


  • Intrrptd

    Text


Related Articles