Outloud / Movie

Misi berbahaya prajurit Amerika Serikat di Afghanistan setelah peristiwa 9/11

Posted on January 22, 2018

Film Holywood “12 Strong” akan segera hadir menghiasi bioskop-bioskop Indonesia. Film bergenre drama-action-history ini disutradarai oleh Nicolai Fuglsig, bercerita tentang CIA paramilitary officers dan U.S. Special Forces (Green Beret) yang dikirimkan ke Afghanistan setelah peristiwa serangan 11 September. Film produksi Warner Bros. Pictures yang dibintangi oleh Chris Hemsworth ini dibuat berdasarkan buku non-fiksi karya Doug Stanton yang berjudul “Horse Soldiers”.

Pada tanggal 11 September 2001, Amerika Serikat diteror oleh serangan bunuh diri yang telah diatur ke beberapa target di New York City dan Washington DC. Di hari itu, kelompok militan Islam, Al-Qaeda membajak empat pesawat jet penumpang. Dua dari empat pesawat tersebut sengaja ditabrakkan oleh para pembajak ke menara kembar World Trade Center di New York City. Satu pesawat lagi sengaja ditabrakkan ke Pentagon yang terletak di Arlington, Virginia. Sedangkan, pesawat keempat jatuh di lapangan daerah Pennsylvania dan gagal mencapai target aslinya di Washinton DC. Serangan bunuh diri ini menewaskan sekitar 3.000 korban jiwa termasuk para pembajaknya.

Setelah peristiwa tersebut terjadi, Captain Mitch Nelson (Chris Hemsworth) beserta 11 prajurit lainnya yang tergabung sebagai anggota Green Beret, ditugaskan untuk melakukan misi berbahaya di Afghanistan. Di medan perang, tim ini juga ditugaskan untuk meyakinkan pimpinan aliansi bagian utara, Jendral Dostum (Navid Negahban) untuk bersatu melawan kelompok Taliban dan para sekutunya. Di sisi lain, demi berjalannya rencana dengan lancar, mereka juga mempelajari teknik lain dalam melakukan penyerangan. Captain Mitch Nelson dan rekan-rekannyanya berlatih bertempur dengan mengendarai kuda. Dengan semangat juang yang tinggi, mereka tetap maju dan rela kehilangan nyawa saat baku tembak sudah nggak terhindarkan lagi

 Dalam film ini, para pemain mampu mendalami peran selayaknya seorang prajurit sebagaimana mestinya. Dari teknik menembak, sampai perilaku seorang prajurit mampu mereka kuasai dengan baik. Chemistry yang terjanin secara alami diantara pemain juga membuat film ini jadi lebih hidup. Skenario yang ditulis oleh Peter Craig dan Ted Tally ini juga memiliki alur cerita yang nggak membosankan dan cukup membuat tegang saat perang sedang berlangsung.

Free! berikan 3,5/5 star rating untuk film 12 Strong dan merekomendasikan kamu untuk menonton film ini, apalagi kalau kamu gemar dengan film action atau perang. Nggak hanya keseruan yang bisa kamu dapat dengan menonton film ini, tapi juga menambah wawasan kamu dalam melihat sebuah konflik yang terjadi di dunia.

Watch the trailer down below:



  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles