Outloud / Art & Design

Make-up is One of the Important Components in Movie

Posted on March 13, 2018

Dalam sebuah film ada komponen-komponen penting demi menunjang film tersebut terlihat lebih menarik. Nggak hanya sutradara, pemain, produser, camera person, atau editor yang memiliki peran penting, Makeup artist juga memiliki peran yang penting dalam sebuah film. Mereka yang bertanggung jawab dengan riasan para pemain supaya karakternya terlihat lebih hidup. Makeup artist bisa membuat para pemain tampil dengan dandanan yang keren sesuai dengan karakter yang diinginkan dalam sebuah film. Dandanannya pun beragam, dari yang natural sampai dandanan yang mengerikan. Nggak jarang juga para makeup artist bisa membuat wajah para pemain jadi terlihat begitu berbeda dengan wajah aslinya. Melihat perannya yang cukup penting dalam sebuah film, hal ini membuat para makeup artist juga diapresiasi dengan adanya kategori “Best Makeup” dalam beberapa ajang penghargaan film, termasuk Academy Awards.

So
, berikut beberapa makeup terbaik dalam sebuah film menurut Free!:

  • 5 Auggie Pullman (Wonder)

    Film yang dibintangi oleh Julia Roberts ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Auggie Pullman yang lahir dengan kelainan pada wajahnya. Pada saat lahir, Auggie didiagnosa terserang Treacher Collins Syndrome yang membuat wajahnya tampak berbeda dengan wajah orang normal. Arjen Tuiten sebagai special makeup designer pada film ini berhasil membuat wajah Jacob Tremblay yang memerankan Auggie jadi tampak berbeda. Tuiten mendesain dan membuat wajah Auggie begitu detail berdasarkan ciri orang yang terserang sindrom Treacher Collins.

  • 4 Lord Voldemort (Harry Potter)

    Bagi para penggemar Harry Potter, siapa sih yang nggak tahu dengan sosok Lord Voldemort? Voldemort merupakan karakter yang cukup penting dalam film maupun buku Harry Potter.  He’s one of the iconic villains in literature and cinema. Voldemort digambarkan sebagai musuh Harry yang memiliki wajah nggak sempurna, yang paling mencolok adalah bentuk hidungnya yang datar. Makeup artist yang berada dibalik wajah iconic Voldemort adalah Mark Coulier. Dalam film, Voldemort diperankan oleh Ralph Fiennes, nggak hanya para penonton, sang aktor sendiri pun dibuat takjub dengan penataan makeup yang dilakukan oleh Coulier. Coulier berhasil membuat wajah Ralph terlihat menyeramkan, merias karakter yang nggak memiliki alis, nggak punya hidung, kuku yang panjang, gigi palsu, dan tattoo nadi ditubuhnya. Namun, untuk bagian hidungnya dikerjakan secara digital.

  • 3 Mad Hatter (Alice in Wonderland)

    Johnny Depp merupakan salah satu aktor Hollywood yang sering kali mendapatkan karakter dengan dandanan yang nggak biasa dalam film-film yang dibintanginya, salah satunya adalah perannya sebagai Mad Hatter dalam film Alice in Wonderland. Dalam film ini, Johnny Depp dirias dengan rambut berwarna orange, alis yang terlihat panjang, wajah yang tampak sangat putih, bibir berwarna merah, dan penambahan warna merah mencolok pada bagian luar matanya. Ya, mungkin penampilannya jadi mirip dengan badut. Riasan Mad Hatter yang menawan ini merupakan hasil dari tangan emas makeup artist pibadinya Johnny Depp, yaitu Patty York.

  • 2 Valak (The Conjuring 2)

    Menjadi horror makeup artist dalam sebuah film mungkin juga menjadi tantangan tersendiri. Mereka harus bisa merias wajah pemain yang memerankan sosok hantu jadi terlihat begitu menyeramkan. Dan, nggak semua professional makeup artist handal dalam hal ini. Mendadani seseorang menjadi menyeramkan juga butuh keahlian khusus. Sosok Valak yang ada dalam film Conjuring 2 menjadi salah satu hantu yang sangat iconic dalam perfilman horror dunia. Bagaimana nggak? Valak berhasil meneror para penonton jadi terbayang-bayang mukanya dan bikin nggak bisa tidur. Hugo Villasenor adalah orang dibalik riasan wajah Valak yang menyeramkan. Ia berhasil merubah wajah cantik aktris Bonnie Aarons jadi sangat menyeramkan saat memerankan tokoh hantu Valak.

  • 1 Winston Churchill (The Darkest Hour)

    Merias wajah seorang aktor maupun aktris yang memerankan tokoh yang memang ada dunia nyata memang menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi seorang makeup artist. Apalagi kalau peran tersebut merupakan tokoh sejarah dunia yang memiliki peran penting di masa lalu. Makeup artist dituntut untuk bisa merias wajah sang pemain tampak begitu mirip dengan tokoh aslinya, meskipun hanya melihat dari sebuah foto yang tersisa. Inilah yang dilakukan oleh Kazuhiro Tsuji dalam film The Darkest Hour. Ia berhasil membuat wajah Gary Oldman benar-benar mirip dengan mantan Perdana Menteri Britania Raya yang fenomenal, Winston Churchill. Mulai dari mata, rambut, hingga bentuk mulutnya. Hasilnya? Kauzihor Tsuji berhasil membawa pulang piala Oscar 2018 dalam kategori “Best Makeup” untuk film The Darkest Hour.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles