Outloud / Cool Things

Don't forget to enjoy your night by coming to the EDM Festivals!

Posted on January 27, 2018

Genre Electonic Dance Music (EDM) dari tahun ke tahun semakin banyak peminat dan penikmatnya. Kesadaran akan banyaknya orang yang menyukai genre tersebut, membuat beberapa event organizer akhirnya menyelenggarakan festival-festival musik yang mengusung genre EDM sebagai musik utamanya. Ada beberapa festival EDM yang sudah hits banget di dunia yang mampu mendatangkan puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu pengunjung dan juga menampilkan banyak sekali DJ-DJ ternama dunia. Mulai dari lokasi festival yang indoor hingga outdoor, dua-duanya mampu menyihir para pengunjung yang datang untuk berdansa tanpa henti sepanjang malam. Para penikmat musik EDM dan party-goers juga pasti nggak mau kelewatan datang ke festival-festival besar ini, paling nggak festival-festival ini masuk dalam wish-list mereka untuk dihadiri.

Berikut Free! berikan daftar beberapa festival musik yang menjadi Festival EDM terbesar di dunia:

  • 5 Boom Festival

    Boom Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 1997 di Portugal sebagai sebuah festival psychedelic trance music. Selain menyuguhkan musik dance elektronik, festival ini juga menampilkan  seni budaya yang nggak kalah menarik. Boom Festival diadakan setiap 2 tahun sekali dan memang DJ-DJ yang tampil dalam festival bukan yang mendunia banget, nanum tetap saja festival ini selalu menarik banyak massa tiap penyelenggaraannya. Boom Festival akan digelar tahun ini pada tanggal 22 – 29 Juli 2018 di Portugal.

  • 4 Djakarta Warehouse Project

    Festival EDM yang satu ini merupakan sebuah festival kreasi anak bangsa. Dengan tata panggung  ditampilkan semaksimal mungkin membuat DWP semakin terlihat menajubkan. Event tahunan yang biasanya diadakan pada bulan Desember ini selalu menghadirkan DJ-DJ terbaik di kelasnya, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Di tahun 2016, DWP berhasil mendatangkan kira-kira 90 ribu pengunjung dari dalam negeri dan 27 ribu pengunjung dari luar negeri. DWP menjadi festival EDM yang selalu ditunggu-tunggu para party-goers. Dulunya festival ini bernama Blowfish Warehouse Project pada tahun 2008 (penyelenggaraan pertama), namun pada tahun 2010, event ini semakin besar dan diganti menjadi Djakarta Warehouse Project atau lebih akrab dengan sebutan DWP.

  • 3 Sensation

    Sensation merupakan festival EDM indoor terbesar di dunia. Festival yang berasal dari Belanda ini memiliki keunikan tersendiri di mana semua pengunjungnya harus disarankan untuk memakai pakaian berwarna putih. Dress code warna putih ini sudah menjadi tradisi dari Sensation. Festival ini juga disebut sebagai "The World's Leading Dance Event". Sensation sudah digelar di beberapa kota di dunia, tahun ini giliran Indonesia yang menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan Sensation 2018. Menampilkan DJ-DJ ternama dunia, Sensation akan diselenggarakan pada tanggal 10 Februari 2018 di ICE BSD City, Tangerang Selatan.

  • 2 Ultra Music Festival

    Ultra Music Festival merupakan salah satu festival EDM terbesar di dunia, siapa sih party-goers yang nggak tahu festival ini? Ultra selalu mendatangkan banyak sekali pengunjung di tiap tahunnya, jumlahnya mencapai angka ratusan ribu. Festival ini pertama kali digelar pada tahun 1999 oleh Russell Faibisch dan Alex Omes di Amerika Serikat. Semenjak itu, Ultra Music Festival menjadi Festival EDM yang juga dinanti-nanti oleh para party-goers. Ultra juga menampilkan DJ-DJ berbakat dunia di setiap penyelenggaraannya. Nggak hanya itu, di tahun 2008 Ultra memulai project Ultra Worldwide, hal ini membuat Ultra akhirnya bisa diadakan di beberapa negara dunia seperti Brazil (Ultra Brazil), Argentina (Ultra Buenos Aires), Chile (Ultra Chile), Korea Selatan (Ultra Korea), Afrika Selatan (Ultra South Africa), Jepang (Ultra Japan), Singapore (Ultra Singapore), dan juga Indonesia (Ultra Bali). Di tahun 2018 ini Ultra Music Festival akan diselenggarakan di Miami, Amerika Serikat pada tanggal 23 – 25 Maret 2018.

  • 1 Tomorrowland

    Festival musik yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005 ini juga masuk dalam daftar festival EDM terbesar di dunia. Festival EDM yang satu ini juga selalu menarik perhatian para party-goers untuk menyempatkan waktu datang ke Tomorroland. Ratusan ribu pengunjung berhasil didatangkan oleh Tomorrowland, line-up DJ yang super kece juga membuat festival ini memiliki keseruan tersendiri, begitu juga dengan stage dan lighting yang ditata semaksimal mungkin. Tomorrowland akan kebali diselanggarakan pada tanggal 20 – 29 Juli 2018 di Belgia.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles