Outloud / Movie

Kesuksesan sebuah video game, membuat perusahaan film mengadaptasi ceritanya ke layar lebar

Posted on February 07, 2018

Kepopuleran video game telah mencuri perhatian banyak orang di seluruh dunia. Dianggap bisa menghilangkang stress, bermain game juga bisa menambah wawasan, baik itu membantu orang menyusun strategi, maupun dalam belajar berbahasa asing. Nggak sedikit juga video game yang memiliki jalan cerita permainan yang menarik, dan sukses membuat para pemainnya ketagihan. Kesuksesan dari video game itulah yang membuat beberapa production house memutuskan untuk mengadaptasi cerita dari video game menjadi film layar lebar.

Apa saja video game yang juga sukses diangkat ke layar lebar? Berikut Free! berikan 5 film yang diadaptasi dari video game:

  • 5 Silent Hill (2006)

    Video game Silent Hill pertama kali dirilis Konami tahun 1999 untuk konsol game PlayStation. Dirancang oleh Keiichiro Toyama, game bergenre horror ini menceritakan tentang seseorang yang kembali ke sebuah tempat yang dulunya indah namun berubah jadi tempat yang berkabut dan sunyi. Ia pun harus menemukan cara untuk bisa keluar dari tempat tersebut. Melihat kesuksesan dari video game ini, akhirnya Silent Hill pun diangkat ke layar lebar dan dirilis pertama kali pada tahun 2006, disutradarai oleh Christophe Gans, filmnya juga mendulang kesuksesan.

  • 4 Resident Evil (2002)

    Resident Evil merupakan sebuah game survival horror yang juga sangat menyita perhatian. Game yang dirilis oleh Capcom pada tahun 1996 ini memiliki misi untuk memusnahkan organisasi Umbrella yang telah menyebarkan virus T, yang menyebabkan orang-orang yang terkena virusnya menjadi zombie. Suksesnya game Resident Evil, di tahun 2002 akhirnya versi filmnya dirilis dengan menampilkan Mila Jovovich sebagai peran utamanya. Saat ini film Resident Evil sudah mencapai seri keenam yang juga menjadi seri terakhirnya.

  • 3 Mortal Kombat (1995)

    Rilis pertama kali tahun 1992, Mortal Kombat menjadi game fighting yang memiliki cukup banyak penggemar. Dikembangkan oleh Midway Games, Mortal Kombat awalnya rilis untuk game arcade, dan semakin banyaknya yang suka dengan game ini, Mortal Kombat mulai merambah dunia game konsol. Berselang 3 tahun setelah game ini dirilis, tahun 1995 film Mortal Kombat dirilis. Mengadaptasi dari permainannya, film ini bercerita tentang tiga orang ahli bela diri yang dipanggil ke sebuah pulau misterius untuk bersain dalam sebuah turnamen yang diikuti oleh petarung-petarung hebat. Di sutradarai oleh Paul W. S. Anderson.

  • 2 Tomb Raider (2001)

    Game yang memperlihatkan seorang wanita tangguh bernama Lara Croft ini pertama kali rilis pada tahun 1996 oleh pengembang Core Design. Petualangan Lara Croft yang menarik membuat game ini akhirnya diadaptasi ke layar lebar pada tahun 2001, menampilkan Angelina Jolie yang berperan sebagai Lara Croft. Film yang disutradarai oleh Simon West ini juga mendulang kesuksesan, bahkan membuat karakter Lara Croft begitu melekat dengan Angelina Jolie.

  • 1 Final Fantasy VII: Advent Children (2005)

    Game yang satu ini memiliki penggemar yang cukup banyak di seluruh dunia. Seri pertamanya rilis kali tahun 1987, game yang dikembangkan oleh Square ini menawarkan permainan video fantasi tentang empat anak muda yang disebut dengan Ksatria Cahaya, mereka membawa empat bola elemental yang jatuh dalam kegelapan yang disebabkan oleh empat Iblis Elemental, yang kemudian mereka harus menjalankan misi untuk menghancurkan kekuatan jahat dengan mengembalikan cahaya pada bola elemental, dan mengembalikan kedamaian pada dunia mereka. Tahun 2005, salah satu dari seri video game ini, Final Fantasy VII diadaptasi ke versi film layar lebar dengan judul “Final Fantasy VII: Advent Children” dalam bentuk animasi 3D.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles