Outloud / Cool Things

Berinvestasi dengan Memberi Modal Kepada Para Petani

Posted on May 19, 2017

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara agraris terbesar di dunia dengan penghasilan yang sangat melimpah dari sektor pertanian. Namun, pada kenyataannya masih banyak para petani yang hidupnya belum sejahtera, tahukah kamu kalau para petani di Indonesia 2,3 kali lebih miskin dibandingkan masyarakat pada umumnya? Kondisi ini tentu sangat disayangkan, mengingat makanan yang kita makan merupakan hasil jerih payah para petani.

Dari banyaknya orang yang mungkin nggak terlalu memperdulikan industri pertanian, beda halnya dengan Yohanes Sugihtononugroho. Ia bersama teman-teman lainnya yang tergabung dalam Crowde bertekad memberikan dampak positif kepada petani dan juga masyarakat Indonesia secara luas dengan membuat sebuah platform digital (Crowde.co) bagi masyarakat untuk berinvestasi dengan cara memberi modal kepada para petani.

Sebuah startup yang bergerak di bidang pertanian ini menghubungkan para investor dengan petani supaya bisa meraih keuntungan yang lebih besar.

“Kita benar-benar ingin menjembatani itu sih sebenarnya. Jadi, jika kita lihat yang bisa didanai sama bank itu sangat kecil, yang bisa diberikan sama perantara kurang dari 50%, dan berapa banyak yang bisa di-capture sama lintah darat yang lain. jadi, kita cuma mau jadi satu solusi untuk memudahkan petani. Masalah petani itu banyak banget, mungkin memang kita nggak bisa solving semuanya, tapi kita mencoba untuk meringani sedikit lah, sedikit hal yang bisa kita lakukan untuk mereka. Kualitas hidup para petani menurun karena nggak bisa menikmati hasil kerja keras mereka secara utuh akibat besarnya bunga pinjaman,” Tutur Yohanes, CEO dari Crowde dalam press conference "Meet and Explore Agriculture Investment" di Gordi HQ Café, Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Rabu (17/5).

Ya, tentu saja langkah yang diambil oleh Crowde sedikit demi sedikit akan membantu para petani meringankan segala masalahnya. Dengan teknologi yang semakin canggih,  Crowde memberikan peluang bagi masyarakat yang ingin membantu menyejahterakan kehidupan para petani dengan berinvestasi.

“Investasi di Crowde mulai dari 10 ribu rupiah, selain sudah membantu para petani, kemudian, keuntungan antara petani dan investor akan dibagi saat hasil panen dengan periode dan ekspektasin keuntungan yang telah ditetapkan,” tambah Yohanes.

Dalam press conference yang berlangsung beberapa hari lalu, Crowde juga turut mengundang para petani, stakeholder, dan juga para investor yang sudah bergabung dengan Crowde.

Salah satu petani juga mengakui bahwa Crowde sangat membantu dalam mengembangkan pertaniannya.

“Selama ini kami para petani cukup mengalami kesulitan modal dalam mengembangkan pertanian kami, sebagai petani kecil tentu sangat sulit mendapatkan kredit dari bank. Sedangkan, bila kami bekerjasama dengan tengkulak, bunganya sangat tinggi. Jujur, dengan dukungan Crowde, kami para petani sangat merasa terbantu,” ungkap Iwan, seorang petani Cabai asal Bogor.

Crowde seakan-akan menjawab segala keluhan para petani dengan memberikan solusi untuk permasalahan di bidang agraria. Apakah kamu termasuk orang yang peduli dengan pertanian Indonesia? Jika, iya, ini kesempatan yang baik untuk kamu menjadi salah satu investor untuk para petani Indonesia. Melalui Crowde, kamu bisa membantu meningkatkan kesejahteraan hidup para petani. Nggak hanya sekadar membantu para petani, kamu juga diuntungkan oleh Crwode dengan sistem bagi hasil setelah panen, sesuai dengan persentasi modal investasi yang diberikan.

"petani yang bergabung dalam platform ini telah terseleksi. Mereka telah memiliki pasar untuk hasil panennya, sehingga para investor tak perlu takut dalam hal pemasaran," Tutup Yohanes.

Untuk para generasi muda yang peduli dengan pertanian Indonesia, kamu bisa kunjungi Crowde.co untuk informasi lebih lanjut lagi.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles