Outloud / Art & Design

Beberapa Tips Food Photography Untuk Pemula

Posted on September 13, 2017

Di zaman serba maju ini, media sosial tidak lagi hanya menjadi tempat untuk kita mengunggah foto pribadi maupun foto bersama orang terdekat. Tidak sedikit pula pengguna media sosial khususnya Instagram, berlomba lomba mengunggah foto makanan yang mereka konsumsi ke akun mereka masing masing. Food photography, atau fotografi makanan, sebenarnya merupakan hal yang bisa kita pelajari secara otodidak.  

Cukup banyak orang yang kini menggeluti bidang ini, bahkan menghasilkan uang dari kebiasaan mengunggah foto tersebut di akun sosial media mereka. Misalnya dengan menjadi food blogger. Selain mengunggah foto makanan yang kita hasilkan di Instagram, kita juga dapat me-review makanan tersebut dan menaruh fotonya di blog agar mengundang para pembaca.
 

Salah satu tujuan utama food photography sendiri adalah untuk menonjolkan produk makanan yang kita ambil gambarnya sehingga terlihat sebaik mungkin dan menarik orang untuk mencoba produk tersebut. JIka mempelajari teknik teknik dasar food photography dengan baik, kita mungkin dapat menghasilkan foto makanan yang berkualitas. Yuk simak 3 tips dasar berikut ini agar hasil foto makananmu menarik!

  • 3 Memilih lokasi foto dengan pencahayaan natural

    Saat ingin mengambil gambar makanan, usahakan untuk memilih lokasi foto yang memiliki sinar cahaya natural. Misalnya, di dekat jendela, maka akan ada cahaya natural sinar matahari sehingga mempercantik hasil foto tersebut.

  • 2 Mencari latar belakang yang menarik

    Latar belakang menjadi salah satu hal penting dalam pengambilan gambar. Begitu pula dalam pengambilan gambar makanan ini. Maka, pilihlah background yang “eyecatching” sehingga bisa menambah keindahan hasil fotonya. Misal, foto makanan yang diambil dari atas, dengan background meja yang berwarna cerah.

  • 1 Mengambil angle terbaik

    Angle foto yang baik, tentunya akan menghasilkan foto makanan yang bagus. Saat menentukan Angle-nya, pikirkan terlebih dahulu apakah dengan angle tersebut, makanan yang ingin kita foto akan terlihat menarik. Biasakan pula untuk mengambil gambar makanan dari beberapa angle terbaik yang telah kamu susun sebelumnya. Misalnya, mengambil gambar makanan secara close up, sehingga menampilkan lebih detail makanan tersebut.


  • Indira Anditasari

    Text


Related Articles