Outloud / Cool Things

Membuat Business Plan itu Penting!

Posted on December 30, 2016

Apakah kamu termasuk orang yang suka berbisnis? Ketika ingin berbisnis, hal yang nggak boleh kamu lewatkan adalah merancang sebuah business plan. Business plan itu penting spaya bisnis yang kamu jalankan bisa tetap sukses, nggak kehilangan arah dan tujuan, dapat banyak investor, dan lain sebagainya. Tapi, merancang business plan juga nggak semudah yang kamu bayangkan dan nggak bisa sembarangan asal membuat saja. Ada beberapa hal dalam business plan yang mungkin nggak kamu sadari kalau itu ternyata membuat bisnis kamu jadi terhambat. Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang harus kamu hindari saat merancang business plan:



Source: do.inc

  • 5 Nggak Tahu Masa Depan Bisnis

    Mengetahui bagaimana bisnis kamu nanti di masa depan berarti kamu memiliki target jangka panjang. Hal ini bisa membantumu mendapat investor dan fokus untuk mencapai target bisnismu.

  • 4 Nggak Tahu-menahu Soal Pendanaan dan Keuangan

    Sebaiknya kamu paham seberapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Kalau kamu masih menebak-nebak, berarti kamu nggak tahu tentang bisnismu sendiri.

  • 3 Target Pasar Nggak Spesifik

    tentukan target pasar yang jelas, agar bisnis yang dijalankan bisa lebih terarah.

  • 2 Membicarakan Sejarah Bisnis Terlalu Detail

    Hindari bicara sejarah terlalu jauh dan tekankan pada poin nilai dari bisnis kamu dan apa manfaatnya bagi orang lain.

  • 1 Target Konsumen yang Nggak Tepat

    Sebaiknya kamu mempertimbangkan hal-hal yang kelihatan sepele ke dalam business plan-mu, seperti usia kesukaan target konsumenmu agar kamu mengenal mereka dan bisa memanfaatkan info tersebut untuk memasarkan bisnis.



Related Articles