Outloud / Cool Things

Urban Sisterhood, Konsep Berbagi dan Bertukar Informasi

Posted on August 03, 2017

JD.ID, sebagai toko online terbesar di Asia tentu saja ingin memberikan pelayanan terbaiknya, hal ini dibuktikannya dengan semakin fokus melayani para konsumen perempuan di Indonesia. Kaum perempuan saat ini dinilai mampu berperan sebagai agen perubahan dan pengambil keputusan, juga sebagai agen perubahan ke arah yang lebih baik. Jika selama ini konsumen JD.ID kebanyakan dari kaum laki-laki, kali ini perusahaan e-commerce tersebut mengetengahkan kategori-kategori yang erat dengan keseharian kaum perempuan urban dalam teman “Urban Sisterhood”, ini adalah sebuah konsep berbago dan bertukar informasi mengenai hal-hal penting seputar perempuan. Ada lima kategori yang dihadirkan JD.ID khusus untuk konsumen perempuan, yaitu Moms, Baby and Toys; Home Living; Household, dan Virtual Voucher.

Dengan adanya lima ketegori yang diusung oleh JD.ID ini diharapkan bisa membantu para perempuan untuk menjalani gaya hidup urban masa kini yang menuntut segalanya untuk tersedia secara praktis dan cepat.

Perusahaan yang terafiliasi dengan JD.com ini juga mengamati data internal konsumen JD.ID sepanjang 2017, berdasarkan data tersebut jika dilihat dari sisi jender, hari favorit dimana pelanggan perempuan berberlanja kebutuhannya di JD.ID adalah hari Jumat. Kebutuhan-kebutuhan tersebut mulai dari kebutuhan rumah tangga, hingga aksesoris pelengkap lainnya. Di tahun 2017 ini saja para pelanggan wanita yang bertransaksi di JD.ID mencapai nilai belanja rata-rata Rp 2,4 juta.

Kategori yang sudah cukup lama hadir di JD.ID adalah Moms, Baby and Toys, kategori ini juga menjadi salah satu yang paling popular. Segala kebutuhan sehari-hari untuk ibu dan bayi, muali dari popok, susu, makanan bayi, hingga mainan anak tersedia di JD.ID.

Berlanjtu ke kategori Fashion, 6 bulan sejak diluncurkannya kategori ini pada Februaro 2017, JD.ID telah memiliki lebih dari 100.000 SKU (Stock Keeping Unit) yang terdiri Dari pakaian, baju muslim, pakaian anak, tas, aksesoris, sepatu, dan kebutuhan traveling. Dalam kategori ini, JD.ID juga berkolaborasi dengan desainer-desainer ternama seperti Itang Yunasz dan Rani Hatta.

Sementara itu, di kategori Home Living dan Household sudah terdapat lebih dari 6000 SKU, terdiri dari berbagai pilihan seperti Bedsheet, Tableware, Glassware, Cookware dan Home Décor. Brand besar seperti King Koil dan Luminarc juga sudah hadir di kategori ini. Sekarang ini kategori Home Living juga sedang sibuk mengembangkan private label di bawah brand JD.ID supaya konsumen bisa mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga yang kompetitif.

Katogeri yang baru muncul di JD.ID adalah Virtual Category. Pada kategori ini, JD.ID menyediakan beragam voucher diskon, layanan pembelian tiket pesawat (bekerjasama dengan Traveloka), tiket bisokop (bekerjasama dengan CGV), tiket konser & event, dan juga pembelian pulsa. Dalam kategori Virtual, JD.ID telah menyediakan voucher diskon dari 200 lebih tenant favorit di seluruh Indonesia.

Konsep sisterhood ini juga mengusung 4 tahapan, yaitu Inspire, Involve, Engage, dan Empower yang dimana para perempuan bisa lebih saling berbagi informasi mengenai tren dan segala kebutuhan mereka sehari-hari.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles