Outloud / Cool Things

Kamera Jadul yang Berkualitas

Posted on September 06, 2017

Kamera lomo merupakan kamera analog yang berasal dari Rusia. Saat ini, kamera lomo memang dapat dikatakan sudah ketinggalan zaman. Namun, siapa sangka bahwa sebenarnya kamera lomo masih memiliki cukup banyak penggemar. Di Indonesia pun, kamera lomo memiliki komunitas tersendiri, yaitu Lomonesia. Lomonesia adalah komunitas yang berisi anak anak muda yang kreatif dalam seni fotografi analog. Komunitas ini tidak hanya ada di Jakarta, namun juga ada di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Medan, Makassar dan Bali.  

Dalam cara kerjanya, kamera lomo masih menggunakan roll film. Kita tidak dapat melihat hasil foto yang kita ambil secara langsung, karena kamera lomo tidak memiliki layar seperti kamera DSLR. Oleh karena itu, kita harus mencetak hasil foto kita terlebih dahulu.  

Walaupun harga kamera Lomo jauh lebih murah daripada kamera digital zaman sekarang, hasil foto kamera ini juga berkualitas dan unik. Lomo sendiri memiliki banyak jenis kamera dengan hasil yang berbeda beda. Berikut ini adalah beberapa kamera lomo yang paling terkenal dengan contoh hasil fotonya.

1. Lomo Colorsplash Camera



2. Lomo Fisheye Camera



3. Lomo Holga



4. Lomo Underwater



5. Lomo Action Sampler



Jika kamu tertarik dan ingin membeli peralatan kamera lomo di Jakarta, bisa mengunjungi Lomography Embassy Store Jakarta yang terletak di Jl. Bumi No. 17 Mayestik Gunung Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan Jl. MH Thamrin No. 1 Menteng Jakarta Pusat.


  • Indira Anditasari

    Text


Related Articles