Outloud / Gear Up

Masih ada yang menganggap Lambretta bagian dari varian Vespa

Posted on January 10, 2018

Siapa dari kamu yang menganggap kalau Lambretta itu masih bagian dari Vespa? Banyak orang awam yang masih menganggap bahwa Lambretta dan Vespa merupakan satu produk. Well, jangan sampai kamu salah kaprah. Memang jenisnya sama-sama skuter, namun Lambretta dan Vespa merupakan produk yang berbeda.

Lambretta dan Vespa merupakan skuter dari perusahaan yang berbeda. Lambretta merupakan skuter yang dicetuskan oleh Ferdinando Innocenti di kota Milan, Italia. Berawal dari tahun 1922, Innocenti membangun sebuah pabrik pipa baja di Roma, yang kemudian bisnisnya dibawa ke kota Milan. Pada tahun tersebut sedang terjadi Perang Dunia ke-2, yang di mana akibat dari perang tersebut membuat pabriknya berantakan. Innocenti nggak tinggal diam, ia melihat sebuah peluang untuk menciptakan alat transportasi masa depan yang murah, dari situ lah ia memutuskan untuk membuat sebuah skuter. Kemudian, Innocenti menyerahkan konsep motor skuter ini kepada Jendral Corradino D’Ascanio, seorang insinyur yang cukup ternama pada zaman itu. Ia mencoba meniru gaya desain skuter Cushman yang sudah dibuat di Nebraska, Amerika Serikat.

Di tengah masa kerjasamanya, suatu waktu D’Ascanio berselisih dengan Innocenti yang menginginkan spar frame dari skuter tersebut diproduksi dan diberi merek dari pabrik pembuatan tabung baja miliknya. Hal ini membuat kerjasama mereka terputus. Pada  akhirnya Lambretta diselesaikan oleh para insinyur bernama Cesare Pallavicino dan Pier Luigi Torre, dan mulai diperkenalkan pada tahun 1947 setahun setelah Vespa diperkenalkan.

 Vespa sendiri merupakan skuter hasil produksi perusahaan Piaggio. Pada awalnya, perusahaan ini dipegang oleh Rinaldo Piaggio, didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884. Piaggio adalah perusahaan yang memproduksi pesawat dan kapal laut. Pada akhir Perang Dunia ke-2, pabrik Piaggio juga menjadi korban pengeboman sekutu. Setelah itu, Piaggio kembali lahir dan diambil alih oleh Enrico Piaggio. Karena perekonomian Italia yang sedang memburuk, sama dengan Innocenti, Piaggio juga memutuskan untuk mendesain alat transportasi yang murah.

Setelah mengakhiri kerjasamanya dengan Innocenti, D’Ascanio pun akhirnya mengaplikasikan gaya desain skuternya bekerjasama dengan Enrico Piaggio. Kerjasama mereka menghasilkan sebuah skuter yang diberi nama Vespa dan mulai diperkenalkan pada tahun 1946.

Nama Lambretta sendiri berasal dari kata Lambrate, nama sebuah daerah di pinggiran kota Milan yang dilalui oleh sungai di mana pabrik Innocenti berada. Sedangkan, nama Vespa berawal saat Enrico yang melihat prototipe konsep desain skuter milik D'Ascanio yang diberi nama MP6, dan nggak sengaja mengucap "Sambra Una Vespa", dari situlah akhirnya diputuskan untuk menamai skuternya dengan sebutan Vespa.

Memang dari bentuknya, Lambretta dan Vespa terlihat mirip, karena pernah ditangani oleh orang yang sama. Namun, sebenarnya memiliki perbedaan. Skuter Lambretta memiliki body yang lebih panjang dari Vespa dan tetap mempertahankan konsep desain skuter klasik sampai saat ini. Sedangkan Vespa, memiliki body yang lebih pendek dan saat ini juga sudah mulai meproduksi skuter-skuter dengan desain yang lebih modern.

Dua merek skuter ini pun juga sudah menyebar ke seluruh belahan dunia, tanpa terkecuali Indonesia, tapi memang untuk pasar Indonesia, Vespa akan lebih sering ditemui dibandingkan Lambretta. Jadi, ingat ya, Lambretta itu merupakan varian skuter yang diproduksi oleh Innocenti dan Vespa merupakan varian skuter yang diproduksi oleh Piaggio.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles