Outloud / Art & Design

Perbedaan Komik Berdasarkan Jenisnya

Posted on October 17, 2017

Siapa dari kamu yang nggak suka baca komik? Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa banyak yang gemar baca komik. Nggak sedikit dari mereka yang mengoleksi komik, selain dari cerita-cerita yang menarik, bacaan ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar menarik, sehingga membuat pembacanya nggak bosan. Komik yang paling popular mungkin komik-komik buku dari Jepang, tapi, for your information, komik itu terdiri dari berbagai jenis, nggak hanya satu saja. Jadi, nggak semua komik jenisnya seperti komik-komik manga atau komik buku.

Komik dibedakan berdasarkan jenisnya, apa saja jenis tersebut? Berikut ulasannya!

  • 4 Komik Strip

    Komik strip atau komik potongan ini hanya terdriri dari beberapa panel gambar saja yang biasanya terdiri dari 3-6 panel, komik ini menyajikan sebuah alur cerita pendek, namun tetap dikemas dengan cerita yang utuh. Komik jenis ini biasanya langsung menceritakan ke inti permasalahannya saja, dan biasanya hanya focus pada satu permasalahan saja. Tapi, cerita dari komik ini nggak harus selesai di situ saja, tetap bisa dibuat bersambung. Pembicaraannya juga beragam, mulai dari isu-isu yang sedang panas atau hanya sekadar cerita humor saja. Kalau dalam surat kabar, komik jenis ini biasanya dihadirkan dalam surat kabar harian ataupun mingguan.

  • 3 Komik Kartun

    Biasanya hanya berupa satu tampilan saja, di dalamnya berisi beberapa gambar tokoh yang digabungkan dengan tulisan-tulisan. Biasanya dalam surat kabar suka menampilkan gambar dari sosok tokoh tertentu yang intinya memberikan kritikan, sindiran, atau bahkan cerita humor. Gambar dan tulisan pada komik tersebut dituntut untuk mampu memberikan sebuah arti yang jelas kepada pembaca sehingga mereka mudah memahami maksud dan tujuan dari komik tersebut.

  • 2 Komik Buku

    Komik buku adalah sekumpulan cerita beserta gambar yang dicetak menjadi sebuah buku. Jenis komik ini adalah komik yang paling sering kita jumpai. Komik ini biasanya bersisi lebih dari 20 halaman yang menyajikan sebuah jalan cerita yang dikemas dalam sebuah buku. Komik buku ini biasanya terdiri dari beberapa chapter di dalamnya, namun dengan cerita yang tetap saling berhubungan. Ceritanya juga sangat beragam, mulai dari comedy, love story, superhero, dan lain sebagainya. Komik buku juga biasanya memiliki jalan cerita yang berkepanjangan, terdiri dari beberapa edisi. Komik-komik Jepang misalnya, ada yang bukunya sampai nomor 30, dan bahkan ada juga yang sudah mencapai nomor 50-an. Komik Slam Dunk, Naruto, One Piece, Dragon Ball mungkin adalah beberapa komik buku yang sangat familiar di telingamu.

  • 1 Komik Online

    Di zaman yang serba digital saat ini, mungkin komik online menjadi salah satu pilihan utama orang-orang yang ingin membaca komik, sudah banyak situs web yang menyediakan berbagai macam komik di dalamnya. Komik-komik ini hanya bisa kamu temukan di dunia maya. Jangkauan pembacanya juga lebih luas karena siapa saja yang memilki koneksi internet bisa mengakses komik-komik online, selain itu juga lebih praktis, dan lebih mudah mencari komik yang ingin kamu baca. Komik-komik seperti Naruto, Slam Dunk, ataupun  One Piece juga bisa kamu baca secara online.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles