Outloud / Movie

Kumpulan film untuk penggemar gowes!

Posted on January 08, 2018

Free! merangkum film-film yang menjadikan sepeda sebagai bintang utama. Dari dokumenter kompetisi-kompetisi sepeda terbaik, drama yang meluluhkan hati, hingga aksi-aksi sepeda mendebarkan. 

  • 8 Ride the Divide (2010)

    Narasi yang baik dengan pemandangan indah. Menceritakan tentang perjuangan tiga pesepeda gunung yang berkendara sepanjang gunung Rocky yang merentang dari Kanada sampai Meksiko. Rute sepanjang kurang lebih 2.700 kiliometer dengan tantangan mendaki lebih dari 200.000 kaki pasti menjadi pengalaman yang mengesankan.

    Film serupa: Strength in Numbers (2012), Where the Trail Ends (2012)

  • 7 RAD (1986)

    Bercerita tentang Cru Jones, yang mengesampingkan pendidikan untuk fokus ikut perlombaan sepeda bertajuk Helltrack, semacam ‘Tour de France’ untuk BMX. Penuh aksi-aksi BMX segar pada era itu. Referensi besar bagi para penggemar BMX tahun 80-an, bahkan sampai sekarang.

    Film serupa: ‘BMX Bandits’ (1983), 1 Way Up: The Story of Peckham BMX (2014)

  • 6 Belleville Rendez-Vous/Es Triplettes de Belville (2003)

    Kali ini film animasi, ceritanya tentang Madame Souza, seorang nenek yang dengan sepenuh hati melatih cucunya bernama Champion untuk menjadi pesepeda profesional hingga akhirnya bisa mengikuti Tour de France. Film asal Perancis yang enggak menyuguhkan dialog ini(!) berhasil meraih Oscar untuk kategori Best Animated Foreign Film tahun 2004.

    Film serupa: Yowamushi Pedal: The Movie (2016) 

  • 5 Quicksilver (1986)

    Jack Kacey (Kevin Bacon) melepas karirnya sebagai pialang saham dan bergabung dalam perusahaan jasa pengiriman barang sebagai bicycle messenger. Salah satu film yang membuka jalan tentang aksi-aksi yang terjadi dari sudut pandang profesi pengiriman barang dengan sepeda.

    Film serupa: Premium Rush (2012), Tracers (2013)

  • 4 A Sunday in Hell (1976)

    A Sunday in Hell membawa kita ke belakang, ke tahun 1976, kepada peristiwa salah satu kompetisi balap sepeda legendaris, Paris-Roubaix. Start di bagian Utara kota Paris dan finish di perbatasan Belgia, Roubaix. Dokumenter klasik ini menghadirkan potongan-potongan scene dari televisi, kumpulan fotografi bersejarah, dan suara komentator event.  Dokumenter ini membawa kita merasakan betapa intensnya kompetisi ini. 

    Film serupa: ‘Road to Roubaix’ (2008)

  • 3 Hells On Wheels/Hollentour (2004)

    Begitu menariknya event Tour de France hingga banyak diangkat dalam sebuah dokumenter. Salah satunya adalah dokumenter asal Jerman ini. Melalui perspektif Erik Zabel dan Rolf Alfdag dari tim sepeda Telekom saat mengikuti 100th anniversary Tour de France tahun 2003. Kita bisa merasakan jatuh-bangun mereka sebelum tour, ketika tour dan setelah tour.

    Film serupa: Overcoming (2005), Chasing Legends (2010), Vive Le Tour (1962).

  • 2 The Bicycle Thieves (1948)

    Ricci, seorang pengangguran di era setelah Perang Dunia II. Akhirnya mendapatkan profesi –yang membutuhkan sepeda– sebagai penggantung poster. Tapi sayangnya sepeda miliknya dicuri. Dia bersama anaknya mencari-cari sepeda di sekitaran kota. Perjuangan Ricci sangat keras dalam pencariannya, karena tanpa sepeda ini Ia tidak akan bisa mempertahankan pekerjaannya. Film klasik ini diakui sebagai salah satu film terbaik dalam sejarah perfilman.

    Film serupa: Pee-wee’s Big Adventure (1985), The Kid with a Bike (2011).

  • 1 Breaking Away (1979)

    David, pemuda 19 tahun asal Amerika Serikat yang terobsesi dengan kultur sepeda balap Italia, seraya membentuk tim balap sepeda bersama tiga orang temannya. Keseruannya terjadi dengan hadirnya tim sepeda asal Italia pada kompetisi di kotanya. Kompetisi memanas yang dibumbui cara-cara curang dari tim pendatang. Film sepeda legendaris ini memenangkan Oscar di tahun 1979 untuk katergori screenplay.

    Film serupa: The Flying Scotsman (2006), American Flyers (1985)



Related Articles