Outloud / Cool Things

Masyarakat Virtual

Posted on January 11, 2018

Berbicara tentang gaya hidup di zaman yang seperti ini tidak akan lepas dari penggunaan internet. Dikarenakan semua masyarakat sudah mulai nyaman dengan adanya segala macam kebutuhan yang bisa diakses melalui internet. Juga munculnya sosial media yang bisa digunakan sebagai tempat sharing, mencurahkan keluh kesahnya dan mengabadikan sebuah moment yang spesial.  

Seiring perkembangan internet segala macam kebutuhan lain seperti berbelanja dan belajar sudah bisa diakses melalui internet. Ini menjadikan perilaku masyarakat berbeda-beda. Pertama yaitu konsumsi adiktif, yaitu dimana masyarakat menggunakan internet secara berlebihan. Kedua adalah konsumsi kompulsif, yaitu dimana masyarakat ingin membeli atau berbelanja secara terus–menerus tanpa memperhatian apa yang sebenarnya ingin dibeli. Dan yang terakhir yaitu, pembelian impulsif, dimana sebuah produk barang atau jasa yang dipromosikan di internet bisa menarik perhatian dan memiliki daya guna bagi individu. Akan tetapi pembelian ini tanpa didasari adanya perencanaan.  

Mungkin di era sekarang ini penggunaan internet seharusnya sudah mulai bisa membeda-bedakan dan membatasi. Mana hal yang berlebihan dan mana hal yang sesuai dengan kenyataan. Dan hal tersebut bisa disebut juga dalam kategori masyarakat virtual, dimana masyarakat yang cenderung menggunakan dan tidak bisa lepas dari internet dalam kehidupan sehar-harinya.


  • Andika Satria Wibawa

    Text


Related Articles