Outloud / Art & Design

Efek visual yang membuat sebuah animasi tampak begitu nyata

Posted on March 02, 2018

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang juga teknologi yang ada di dalamnya. Hal ini juga yang terjadi di dunia perfilman, dengan teknologi yang semakin canggih, berbagai macam teknik dilakukan demi mendapatkan visual yang lebih menarik lagi, salah satunya dengan teknologi CGI (Computer Generated Imagery).

CGI ini sendiri adalah teknik penerapan teknologi grafik komputer untuk pembuatan spesial efek dalam film. Tapi, nggak hanya untuk film saja, acara TV dan iklan juga bisa menggunakan teknik ini.




Teknologi ini awal mulanya diperkenalkan pada tahun 1973 melalui film karya Michael Crichton yang berjudul Westworld. Film ini menjadi film pertama yang menggunakan CGI sebagai bagian dari filmnya, di mana semua tokohnya adalah robot. Saat itu, film Westworld masih menggunakan CGI dengan teknologi 2D. Kemudian di tahun 1976, film Westworld dibuatkan sekuelnya yang diberi judul Futureworld dan sudah menggunakan teknologi CGI 3D. Setelah itu, bermunculan film-film lain yang juga memanfaatkan teknologi CGI untuk memperindah filmnya, termasuk film Star Wars.



Dengan menggunakan teknologi CGI, para sineas bisa mendapatkan visual sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Karena, visual tesebut bisa mereka ciptakan sendiri, mulai dari bentuk karakternya seperti apa, hingga latar tempatnya yang ingin dibuat seperti apa. Di dunia nyata, terkadang ada saja hal yang sulit didapatkan atau diwujudkan demi sebuah adegan. Misalkan membuat adegan di luar angkasa, para sineas nggak mungkin beneran pergi ke luar angkasa untuk mengambil adegan tersebut.

Dengan CGI, mereka bisa menciptakan ruang itu sendiri, memberikan gambar seolah-olah sang pemain sedang berada di luar angkasa, yang pada nyatanya adegan tersebut diambil dalam sebuah studio. Seperti yang dilakukan saat pembuatan film Gravity yang dibintangi oleh Sandra Bullock.



Nggak hanya soal latar, teknologi CGI juga bisa menciptakan tubuh “palsu”, mulai dari tangan, kaki, hingga wajah, semua bisa dibuat menggunakan CGI. Film Futureworld lah yang pertama kali membuat tangan dan wajah dengan bantuan CGI. Karakter baru juga bisa diciptakan dengan CGI, entah itu robot, monster, atau makhluk aneh yang nggak berbentuk selayaknya manusia biasa seperti karakter Gollum yang ada di film The Lord or The Rings.



Film superhero pun banyak yang memanfaat teknologi CGI, karena banyak adegan-adegan yang nggak memungkinkan untuk diambil dengan cara yang normal. Hasilnya? Keren! Filmnya mampu memberikan visual effect yang memukau.



Teknologi CGI memang memberikan sebuah animasi dalam film yang terlihat begitu nyata, dan mempermudah sineas mendapatkan visual apa yang mereka inginkan. Ya, pada intinya, dengan memanfaatkan teknologi komputer, CGI ini bisa menghasilkan suatu efek ilusi yang sulit dicapai dengan cara normal.

Berbagai macam software untuk mendukung teknologi CGI ini juga mulai bermunculan, diantaranya ada Art of Illusion, 3ds Max, Blender, Light Wafe 3D, Maya, Autodesk Softimage, dan lain-lain.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles