Outloud / Travel & Life

Ready to Workout for Healthy Living?

Posted on May 11, 2017

Ketika ingin berolahraga, tentu saja ada hal-hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Mulai dari mempersiapkan kondisi tubuh sampai kebutuhan-kebutuhan lain untuk menunjang kegiatan olahraga mu. Apa saja sih yang harus dipersiapkan? Free! berikan kamu beberapa tips apa saja yang harus dipersiapkan sebelum workout. Let’s take a look!

  • 7 Tidur yang Cukup

    Waktu tidur juga merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum workout. Tidur dengan waktu yang cukup membuat tubuhmu nggak akan cepat letih, energi yang masuk ke dalam tubuh juga bisa diproses secara maksimal. Jika kurang tidur, itu juga akan mempengaruhi daya tahan tubuh kamu, karena tubuhmu yang sebenarnya memerlukan waktu istirahat jadi bekerja lebih ekstra. Hal-hal yang nggak diinginkan bisa saja terjadi saat workout, seperti pingsan, sakit kepala, dan terlalu cepat lelah. Atur waktu tidurmu minimal delapan jam, tubuhmu akan lebih segar ketika bangun tidur.

  • 6 Makan yang Cukup

    Ya, banyak yang mengatakan bahwa makanan adalah sumber energi. Dengan porsi yang sesuai, asupan makanan yang kamu konsumsi akan membantu kamu memaksimalkan energi yang ada dalam tubuh, sehingga tubuh kamu lebih jadi lebih kuat. Sebaiknya, kamu makan minimal satu jam sebelum workout.

  • 5 Minum Air Mineral

    Sebelum workout alangkah baiknya jika minum air mineral terlebih dahulu. Air Mineral sebagai sumber cairan dalam tubuh akan membantu kamu menjaga kestabilan cairan dalam tubuh yang akan terkuras karena keringat yang keluar begitu banyak saat workout. Air mineral juga membantu kamu supaya nggak cepat dehidrasi atau haus saat workout. Paling nggak kamu meminum 2 gelas air, satu atau setengah jam sebelum olahraga. Dan, jangan lupa juga untuk mempersiapkan air mineral saat kamu sedang olahraga, jadi ketika merasa haus atau dehidrasi bisa cepat diatasi dengan minum air mineral yang kamu bawa.

  • 4 Pakaian

    Baju training atau baju olahraga sangat dianjurkan untuk dipakai saat workout, bahannya yang elastis dan nggak berat akan memudahkan kamu untuk bergerak dengan leluasa. Berolahraga memakai baju rumahan sebenarnya adalah kebiasaan yang kurang baik dan buruk untuk kesehatan. Kalau kamu nyaman menggunakan baru rumahan, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan baju senam sebagai dalamannya, baju senam berguna untuk menahan seluruh organ tubuh tetap terikat saat sedang olahraga, karena saat berolahraga tubuh kamu akan terguncang naik turun. Apalagi kalau memakai jeans, sangat nggak dianjurkan, karena bahannya kaku dan berat membuat kamu nggak bisa leluasa bergerak.

  • 3 Sepatu Olahraga

    Selain baju, sepatu olahraga juga penting nih. Sepatu olahraga didesain secara khusus supaya kamu bisa berolahraga dengan nyaman. Menggunakan sepatu olahraga akan mengurangi resiko kaki terkilir. Pilih sepatu sesuai dengan ukuran kaki kamu dan sesuai dengan bidang olahraga yang kamu lakukan, karena masing-masing bidang olahraga memiliki tipe sepatunya sendiri-sendiri.

  • 2 Persiapkan Tools Sesuai Kebutuhan Workout

    Nah, mempersiapkan macam-macam tools untuk workout juga perlu, apalagi kalau misalkan kamu malas untuk pergi ke tempat gym. Misalkan seperti dumbbell, matras, Kettlebells, Medicine Ball, Jump Rope, dan alat-alat lainnya sesuai dengan kebutuhan kamu untuk workout.

  • 1 Pemanasan/Stretching

    Terakhir adalah pemanasan. Ya, pemanasan itu penting! Apa saja yang manfaat dari pemanasan? Banyak! Bisa mencegah terjadinya cedera saat olahraga, peredaran darah dalam tubuhmu juga menjadi lancar, meningkatkan mental dan fokus, tubuh kamu juga jadi lebih elastis dan fleksibel. Pemanasan dilakukan supaya tubuh kamu nggak kaget ketika melakukan kegiatan olahraga yang berat. Kamu sering keram saat berolahraga? Itu mungkin karena kamu nggak pemanasan terlebih dahulu, atau kamu nggak pemanasan dengan baik dan benar.


  • Dwi Andini Witamasari

    Text


Related Articles