Outloud / Art & Design

Meet the badass 50's French Airborne Special Forces scooter

Posted on January 10, 2018

Pada tahun 1950-an, Menteri Pertahanan Prancis mengajukan permintaan pembuatan kendaraan untuk Pasukan Khusus Angkatan Udara Prancis kepada pemegang lisensi Vespa Prancis, ACMA (Ateliers de Construction de Motorcycles et Automobiles). Hasilnya sungguh spesial. Skuter badass yang diproduksi sekitar 600 unit bernama Vespa TAP (Troupes Aéro Portées) yang dikeluarkan di tahun 1956 (TAP 56) sampai 1959 (TAP 59).

Skuter yang punya julukan ‘’Bazooka Vespa” pada era itu dibandrol dengan harga 500 US Dollar, dan diproduksi dalam dua warna penunjang kamuflase: hijau dan warna pasir. Digunakan oleh dua pasukan: Foreign Legion dan Parachute Corps. Vespa TAP dirancang untuk bisa diterjunkan langsung dari pesawat para Angkatan Udara. Mobilitas tinggi ini diperlukan agar bisa melawan musuh-musuh yang muncul pada lokasi-lokasi terpencil.


Vespa TAP dipersenjatai dengan M20 atau 75mm gun, kapasitas amunisi tambahan, dua kaleng bensin, dan keranjang kecil serbaguna. Meskipun mempunyai bobot 115 kg, Vespa TAP bisa mencapai kecepatan 66 km/jam. Senjata M20 yang terpasang ini digunakan dalam keadaan Vespa ini diam atau tidak sedang dikendarai. Karena pembidikan sasaran dan proses penembakan akan lebih akurat dalam keadaan diam/diparkirkan. 



Related Articles