Outloud / Cool Things

Aplikasi Video Call Lintas Platform dari Google

Posted on June 21, 2017

Di era globalisasi ini teknologi sudah semakin canggih, sudah banyak bermunculan fitur-fitur yang memudahkan kamu untuk berinteraksi dengan siapapun, salah satunya adalah video call. Kamu yang mengikuti perkembangan zaman pasti sudah nggak asing lagi dengan video call. Beberapa aplikasi sudah dilengkapi dengan fitur video call, sebut saja Skype, Whatsapp (WA), Line, sampai Apple pun meluncurkan aplikasi Face Time khusus untuk video call. Dengan video call, kamu bisa berinteraksi nggak hanya lewat suara, tapi juga dengan visual. Nggak mau ketinggalan, Google juga meluncurkan aplikasi khusus untuk video call, yaitu Google Duo. Berdasarkan survey Google YouGov pada bulan Juli 2016, ternyata sebesar 19% orang Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas tertarik dengan aktivitas video call dari smartphone. 81% lagi menyatakan nggak puas dengan komunikasi video call ini karena koneksi internetnya yang nggak stabil. Aktivitas video call mereka kurang maksimal ketika melakukannya dengan lintas platform. Google menjawab persoalan ini dengan diluncurkannya aplikasi Duo.

Dengan menggunakan aplikasi Duo, kamu tetap bisa video call dengan lancar karena aplikasinya ringan dan stabil walaupun berada pada jaringan yang koneksinya lambat. Duo juga bisa bekerja secara otomatis beralih dari WiFi ke jaringan ponsel, begitu juga sebaliknya saat salah satu koneksinya sedang turun. Selain itu, Duo juga bisa lintas platform ponsel. Bagi yang menggunakan Android, biasanya hanya bisa mengandalkan Skype untuk berinteraksi dengan teman yang memiliki iPhone dan teknologi Face Time-nya, sekarang Duo bisa menjadi pelengkap.

Kelebihan lain dari aplikasi Duo ini adalah adanya fitur “Knock Knock”, di mana kamu bisa melihat video atau gambar wajah dari penelpon sebelum proses komunikasi dilakukan. Fungsinya sebagai penanda atau antisipasi kalau si penerima telepon nggak mau terima video call dari yang menelepon. Fitur ini hanya berfungsi memnculkan orang-orang yang ada pada daftar kontak di smartphone aja, mencegah orang yang nggak dikenal. So, pastikan orang-orang yang ingin kamu hubungi atau yang ingin menghubungi kamu sudah lengkan di daftar kontak ponselmu.


Source: do.inc



Related Articles