Outloud / Travel & Life

Wisata Kuliner Unik Di Jakarta & Sekitarnya

Posted on January 17, 2014

Sebagai kota seribu harapan, Jakarta memang memiliki banyak keunikan. Keunikan ini tersebar rata keseluruh elemen mulai dari tradisi sampai makanan. Jakarta sendiri dikenal sebagai surganya makanan enak di Indonesia. Apa saja ada disini, sebut saja sea food, western food, chinese food, sampai middle east food bahkan masih banyak lagi yang tersedia di Jakarta.

Kali ini kami akan coba membahas sedikit tentang ragam makanan unik yang terdapat di Jakarta. Unik berarti bukan tidak ada di tempat lain, tapi unik karena makanan ini bukanlah makanan yang wajar ditemui sehari-hari baik di pasar atau di restoran. Dan ternyata makanan unik ini memiliki khasiat untuk bisa menyembuhkan penyakit tertentu, menarik bukan?

Baiklah, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai perburuan makanan unik kita di sekitar Jakarta. Let's go.


Sate Cobra

Makanan yang satu ini mungkin tidak asing lagi, atau mungkin ada di daerah lain. Ular kerap dijadikan panganan untuk disantap masyarakat, terlebih karena ternyata ular memiliki khasiat unutk bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti exim, gatal-gatal. sampai penyakit paru-paru. Biasanya disajikan dengan di-sate atau juga di goreng dan dimasak dengan kuah sayur. Selain itu, tidak hanya dagingnya yang bermanfaat, darahnya dan empedu ular juga diyakini bisa meningkatkan vitalitas dan gairah seks pria. Walaupun terdengar bermanfaat, saran kami jangan terlalu sering mengonsumsinya karena ular termasuk binatang penting dalam mata rantai makanan di alam. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa berkunjung ke daerah Kota, Jakarta Utara. Disana ada beberapa kedai tenda yang menyediakan makanan ini dengan cara masak beragam. Harganya variatif, dimulai dari 60-100 ribu rupiah tergantung ukurannya. Siap mencoba yang satu ini?

Sate Biawak

Binatang yang menyerupai kadal besar atau komodo kecil ini juga merupakan binatang yang kerap dijadikan santapan oleh masyarakat. Teksturnya yang lebih kenyal dibandingkan ular membuatnya banyak disukai orang. Serupa ular, biawak juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit tertentu seperti gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya. Kulitnya juga kerap dijadikan hiasan atau dan bahan untuk pembuatan bermacam-macam barang seperti belt, tas dll. Tertarik dengan daging biawak? Anda bisa menemuinya di daerah Mangga Besar, Jakarta. Di daerah ini memang banyak pedagang makanan unik seperti ini. Harganya dimulai dari 20 ribu rupiah per 10 tusuk. Penasaran?

Sate Kelinci

Pertama mendengarnya pasti muncul perasaan tidak tega, ya, begitupun kami. Kelinci memang sudah sejak lama dijadikan panganan oleh masyarakat lokal. Berawal dari kebiasaan berburu orang-rang jaman dulu, kini sebagian orang masih menyukai makanan ini. Tampilannya yang lucu dan menggemaskan membuat sebagian orang tidak tega untuk memakannya, tapi sebagian lagi justru meyakini jika kelinci mempunyai manfaat untuk kesehatan. Kelinci diyakini bisa membantu mengobati penyakit kulit dan juga menjaga vitalitas tubuh. Penyajiannya biasanya dengan cara di-sate. Sate kelinci memang terkenal di daerah Puncak, Jawa Barat, tapi Anda juga bisa menemuinya di daerah Cibubur atau Bogor untuk mencicipinya. Harganya relatif lebih mahal yaitu 50 ribu rupiah per 20 tusuk, tapi sebanding dengan rasanya yang enak (katanya sih..) dan manfaatnya yang luar biasa. Ingin coba?

Sate Trenggiling

Memang terdengar sedikit aneh rasanya mendengar binatang ini ternyata bisa dikonsumsi sebagai makanan. Membayangkannya-pun agak sulit, karena selain kulitnya yang keras, banyak dari kita yang pasti belum mengetahui apakah binatang yang satu ini bisa dikonsumsi. Tapi kenyataannya, di daerah Bogor, Jawa Barat, ada beberapa tempat yang menyediakan makanan ini. Masyarakat sekitar meyakini jika trenggiling bisa mengobati penyakit asma dan berbagai penyakit lain. Dibanderol dengan harga 30 ribu rupiah per 10 tusuk, daging trenggiling merupakan salah satu makanan unik yang ada disekitar Jakarta yang mungkin bisa Anda coba. Tidak ada salahnya mencoba bukan? Hahaha.

Sate Kelelawar (Kalong)

Sebenarnya makanan ini lebih terkenal di Manado, disana makanan ini dikenal dengan sebutan Paniki. Daging kelelawar dipercaya bisa membantu mengobati penyakit asma dan juga penyakit kulit. Di Jakarta sendiri makanan ini memang agak sulit ditemui, tapi Anda mungkin bisa menemuinya di rumah makan khas Manado disekitar Jakarta. Harganya memang agak mahal, sekitar 40 ribu rupiah per porsi. Tapi nampaknya akan menjadi pengalaman ynag seru jika Anda berani mencicipinya, Bagaimana?


  • Text


Related Articles