Spot / Place

Sensasi Hostel di Indonesia

Posted on March 01, 2018

Liburan tidak hanya sebatas cuci mata, berburu kuliner atau pergi ke tempat-tempat tujuan wisata, kadang sebuah penginapan juga menawarkan sebuah pengalaman seru dan menarik ketika sedang berlibur.    

Lupakan hotel berbintang, private cottage atau villa-villa lux, sesekali coba bermalam di hostel yang belakangan mulai menjamur di Indonesia. Tidak nyaman berbagi kamar dengan orang lain? tidak mengapa karena banyak hostel yang juga telah menawarkan beberapa private room dengan kamar mandi sendiri atau pun kamar mandi bersama. Beberapa hostel juga memiliki fasilitas yang tidak kalah dengan hotel-hotel berbintang, bahkan beberapa mungkin bisa melebihi hotel berbintang. Jaringan internet atau WiFi merupakan fasilitas terpenting yang harus dijaga oleh hostel, mengingat banyaknya tamu merupakan turis mancanegara maka WiFi merupakan sebuah senjata wajib yang harus dimiliki oleh hostel. Beberapa hostel juga memiliki kolam renang yang di desain sedemikian menarik agar dapat berbeda dengan hostel yang lainnya, bahkan mungkin jauh lebih menarik dari hotel berbintang. Selain itu hostel di beberapa daerah juga menawarkan aneka paket menarik, mulai dari city tour, village tour, hingga beberapa workshop class, seperti traditional cooking class, hingga Yoga.

Serunya lagi dengan tinggal di hostel kita akan bertemu dengan traveller dari berbagai macam Negara yang dapat memberikan informasi lebih mengenai tempat wisata yang mainstream atau pun yang masih jarang di datangi wisatawan. Beberapa hostel di bawah ini mungkin dapat menjadi pilihan ketika ingin merasakan sensasi berlibur yang baru. 

  • 5 Wonderloft Hostel - Jakarta

    Walaupun terbilang masih sangat baru, hostel ini bisa dibilang cukup baik di Jakarta, terletak di kawasan kota tua Jakarta, hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menuju Museum Fatahillah dari Wonderloft Hostel. Para staff akan menyambut kita tidak perduli wisatawan lokal atau pun asing sekali pun, terdiri dari dua lantai serta dua kamar pilihan yaitu mix dorm dan female dorm untuk saat ini, sebentar lagi nampaknya mereka akan memiliki private room yang sedang dalam proses pembangunan. Pilihan untuk sarapan memang tidak cukup banyak, namun tidak ada yang lebih seru dibandingkan sarapan bersama di meja panjang sambil bertukar pikiran dan informasi. Living room di lantai dua juga merupakan spot yang asik untuk berkumpul.



    Alamat : Jalan Bank No.6, Pinangsia, Tamansari, RT.3/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Telpon : 021 260 72218

  • 4 Buton Backpacker Lodge - Bandung

    Hostel yang satu ini bisa dibilang sangat strategis dan dikelilingi tempat-tempat yang menarik untuk di kunjungi wisatawan asing. Braga City Walk, Pasar Baru Bandung dan Terminal Bus Bandung St Hall mengelilingi penginapan yang juga memiliki teras di setiap depan kamarnya.. Ruang makan merupakan lokasi yang pas untuk bersantai dan saling bertukar pengalaman antar para traveller, hostel ini juga memiliki sepeda yang dapat digunakan untuk berkeliling kota bandung. Pilihan kamar di sini juga lebih banyak, tidak hanya khusus dorm saja.



    Alamat :
    Jl. Buton No.14, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112

  • 3 Bhumi Hostel – Yogyakarta

    Hostel yang satu ini memang cukup unik, bukan dari bentuk kamar atau pun dekorasinya, namun dari apa yang ditawarkan ketika kita tinggal di Bhumi Hostel.  Lupakangan hingar bingar musik , karena kedamaian akan mendominasi hostel yang terletak di Kotagede ini. Hostel ini memang akan mengajak kita untuk mengenal sejarah kerajaan Mataram kuno, tidak heran jika beberapa tempat tujuan yang disarankan oleh para staff di tempat ini benar-benar bernuansa sejarah. Wokrshop membuat jamu dan menu tradisional merupakan andalan dari tempat ini. Kamar juga akan di dominasi oleh dorm dan private room.



    Alamat : Jalan Raden Ronggo 1 No.14 Kotagede – Yogyakarta, 55720, Indonesia. Telpon : 0274 284 1017

  • 2 The Hostel - Surabaya

    Berkunjung ke Surabaya tidak pas rasanya jika hanya berdiam diri saja dengan alasan panas atau pun jauh kemana-mana, ketika kita memilih The Hostel sebagai tempat tinggal sementara kita, maka alasan itu tidak akan berlaku. The Hostel di kelilingi oleh spot-spot menarik di Kota Pahlawan ini, sebut saja Monumen Bambu Runcing, Patung Joko Dolog, Monumen Kapal Selam, Masjid Cheng Hoo, Gereja Perawan Maria, hingga Grand City Mall. Setiap kamar di tempat ini dilengkapi dengan TV layar datar dan juga tayangan dengan program ala tv cable. Sayangnya The Hostel hanya memiliki mix dormitory room saja untuk saat ini, namun justru itulah serunya menginap di hostel.



    Alamat : Jalan Simpang Dukuh No.38 Genteng, Surabaya, Jawa Timur

  • 1 Butik Capsule – Malang

    Tidak banyak memang penginapan dengan konsep hostel dan bunk bed di Malang, namun tempat yang ini dapat menjadi pilihan beristirahat di Malang sebelum kita menuju ke Bromo pada dini hari. Butik Capsule berada di tengah kota sehingga memudahkan kita untuk meng-eksplor Malang dengan sepeda yang dapat dengan mudah kita pinjam di penginapan ini. Museum Brawijaya dan Perpustakaan Nasional Malang merupakan tujuan yang wajib harus di datangi dan itu cukup dengan mudah dijangkau dari Butik Capsule. Untuk kamar pun mereka memiliki Male Dormitory, Female Dormitory dan juga Mixed Dormitory.



    Alamat : Jalan WR.Supratman 2L, Ramap Celaket, Klojen, Malang Jawa Timur. 


  • Anggara Subowo

    Text


Related Articles