Spot / Place

Travelling ke Negara Yang Terkenal Karena Tertutup?

Posted on February 07, 2017

Travelling memang asik, apalagi jika travelling ke luar negeri. Kita dapat mengenal tempat-tempat baru, membeli barang atau jajanan khas negara tersebut, sampai menemukan spot foto yang bagus. Namun, bagaimana jika travelling ke negara yang memiliki aturan yang super ketat? Mau tidak mau kita harus mengikuti aturan yang berlaku di negara tersebut jika kita ingin pulang dengan selamat.

Seperti Korea Utara contohnya. Negara yang memang sudah terkenal tertutup tersebut ternyata sekarang ini sudah mulai terbuka oleh wisatawan asing. Namun, tetap saja jika ingin mengunjungi negara tersebut, kamu harus mengikuti segala aturan yang berlaku di Kor-Ut yang pastinya super ketat. Nah, berikut adalah aturan-aturan yang free! dapatkan dari beberapa sumber yang harus diikuti jika kamu memang tertarik untuk berlibur di Korea Utara.

Pertama, visa turis dengan berbagai aturan yang harus diurus. Jika permohonan visa kamu diterima, kamu sudah mendapatkan paket lengkap termasuk akomodasi hotel, tour guide, dan paket makan, dengan catatan si calon traveller berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Korea Utara yang ditandai adanya kedutaan besar Korea Utara di negara tersebut. Selain itu, pengajuan visa turis di Korea Utara hanya bisa sekali saja. 

Kedua, hanya bisa menggunakan maskapai Koryo. Transportasi yang digunakan jika ingin travelling ke Korea Utara yang hanya dapat digunakan dengan transit melalui Beijing saja. Jadi, kalau mau ke Kor-Ut kamu wajib ke China terlebih dahulu.

Ketiga, sebelum berkeliling untuk wisata harus memberi hormat terlebih dahulu kepada sang penguasa. Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di Korea Utara adalah memberi hormat dihadapan patung raksasa Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il dengan membungkukan badan. Jika kamu tidak mau, maka kamu akan diusir paksa dan diberikan hukuman yang berat.

Keempat, wajib didampingi oleh tour guide resmi dari pemerintah. Sejak mendarat di Korea Utara, kamu akan langsung disambut oleh tour guide yang memang telah disediakan oleh pemerintah untuk mendampingi kamu selama travelling. Bahkan, tour guide akan memberitahukan kepada turis kapan waktu kamu harus bangun pagi.

Kelima, tidak boleh asal ambil foto. Travelling memang kurang lengkap jika kita tidak berfoto-foto, bukan? Namun jika travelling di Korea Utara, kamu harus meminta izin terlebih dahulu untuk mengambil foto karena tidak semua tempat boleh difoto. 

Bahkan, jika kamu akan meninggalkan Kor-Ut akan ada petugas yang akan memeriksa kamera kamu untuk memastikan tidak ada foto yang melanggar. Jika sampai ditemukan foto yang tidak sesuai dengan aturan, maka petugas akan menyita kamera dan bisa dipenjara.

Keenam, tidak boleh sembarangan membeli souvenir. Tidak lengkap rasanya jika liburan tidak membeli cinderamata sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan. Tidak semua barang dapat dibeli di sana, karena ada beberapa barang yang hanya boleh dibeli oleh penduduk asli Korea Utara saja.

Ketujuh, jangan sekali-sekali mengobrolkan soal Agama dan Politik di sana. Berbicara soal agama dan politik merupakan pelanggaran berat. Jika ketahuan, kamu bisa-bisa masuk pejara dengan ancaman hukuman yang mengerikan.


  • Maudy

    Text


Related Articles